Home > Ragam Berita > Nasional > Ekspor Beras ke Malaysia, Jokowi Minta Jatah 20 Persen

Ekspor Beras ke Malaysia, Jokowi Minta Jatah 20 Persen

Jakarta – Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak di Kuching, Malaysia, pada Rabu (22/11/2017) lalu. Salah satu yang menjadi pokok bahasan penting dalam pertemuan tersebut yakni soal impor ekspor beras Indonesia ke Malaysia.

Impor Beras ke Malaysia, Jokowi Minta Jatah 20 Persen

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia mengalami kelebihan produksi beras dan meminta kepada Najib Tun Razak agar Indonesia dapat mengekspor beras guna memenuhi 20 persen kebutuhan beras impor Malaysia.

“Jadi Presiden minta jatah kuota pada PM Malaysia untuk bisa diberi kuota 20 persen ekspor (beras) kita ke sana. Ini hitungan berdasarkan total kebutuhan impor mereka (Malaysia), yaitu sekitar 150 ribu ton,” ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (23/11/2017).

Meski ekspor beras Indonesia telah dimulai sejak Oktober 2017 lalu sebanyak 25 ribu ton, namun Enggar mengaku belum tahu jenis beras apa yang akan diekspor Indonesia tahun depan.

“Kemungkinan beras premium, tapi jenis dan harga beras berdasarkan permintaan. Yang pasti, kita sampaikan proyeksi dari Pak Menteri Pertanian bahwa Indonesia over supply. Jadi kita minta jatah dulu, minta kuota dulu,” jelasnya.

Selain membicarakan soal ekspor beras, Jokowi dan PM Malaysia juga membicarakan soal aturan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, juga soal kemitraan perkebunan kelapa sawit.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Aa Gym Sampaikan Harapannya Dari Aksi Bela Palestina

Aa Gym Sampaikan Harapannya Dari Aksi Bela Palestina

Jakarta – Pada Ahad (17/12/2017) hari ini, digelar Aksi Bela Palestina. Aksi yang digelar di ...