Home > Ragam Berita > Nasional > Sederet Anggaran Bernilai Wow di RAPBD 2018 Anies-Sandi

Sederet Anggaran Bernilai Wow di RAPBD 2018 Anies-Sandi

Jakarta – Ancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2018 sudah disusun dan akan mencapai dana sebesar Rp 77,11 triliun. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk memperlancar beragam proyek dan program yang akan dijalankan tahun 2018 mendatang.

Sederet Anggaran Bernilai Wow di RAPBD 2018 Anies-Sandi

Sederet Anggaran Bernilai Wow di RAPBD 2018 Anies-Sandi

Hal itu membuktikan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno telah menyusun rencana kerja yang akan mereka lakukan disepanjang tahun 2018 mendatang. Dengajuan dana tersebut bisa dikatakan meningkat drastis sebesar 9,8 persen jika sebelumnya APBD 2017 hanya sebesar Rp 70,19 triliun.

Beragam proyek dan program yang akan dilakukan sehingga Anies-Sandi mempersiapkan banyak pos anggaran misalnya beberapa program unggulan Anies-Sandi yang diungkapkan saat masa kampanye Pilkada DKI Jakarta lalu. Oleh karena itulah anggaran RAPBD menjadi membengkak.

Misalnya saja untuk pelaksanaan program OK OCE, Kartu Jakarta Pendidikan (KJP) Plus, Rumah DP nol persen, OK-TRIP. Alokasi dana yang akan dianggarkan nantinya sebesar Rp 71,16 triliun atau mengalami peningkatan sebesar 11,87 persen bila dibandingkan dengan APBD 2017 sebesar Rp 63,61 triliun.

Berdasarkan situs apbd.jakarta.go.id yang berhasil ditelusuri, ada pula beberapa program sederhana yang nilainya juga tak kalah fantastis. Misalnya saja anggaran untuk Sekretariat Dewan yang sebelumnya sebesar Rp 162,6 miliar menjadi Rp 346,5 miliar ditahun 2018 mendatang.

Baca juga : Beredar Deretan Ormas Yang Mendapat Dana Hibah Anies-Sandi

Rincian dana tersebut nantinya akan dialokasikan untuk pelaksanaan reses DPRD sebesar Rp 69 miliar, kunjungan kerja komisi-komisi DPRD DKI sebesar Rp 107 miliar dan kunjungan kerja Sister City serta kunjungan balasan DPRD Provinsi DKI Jakarta sebesar Rp 968,7 juta.

Selanjutnya anggaran untuk perbaikan kolam air mancur DPRD DKI Jakarta sebesar Rp 620.715.162 dengan rincian yaitu pembelian bibit bunga sebesar Rp 11.388.740. Bibit bungan yang dimaksud adalah bibit bunga kamboja merah, puring bor, pohon pucuk merah dan rumput gajah mini.

Sisa anggaran dana yang diajukan dalam pos perbaikan kolam air mancur akan digunakan untuk pemeliharaan mesin pompa, pemeliharaan jaringan teknologi informasi, pemeliharaan gedung, pengadaan mesin pompa, pengadaan konstruksi reservoir hingga pengadaan ulang tanaman.

Tak lupa juga Anies-Sandi menyediakan pos anggaran untuk Pengendalian Hama Terpadu Gedung Komplek Balai Kota dan Rumah Dinas Pimpinan Provinsi DKI Jakarta yang nilainya juga cukup fantastis, yaitu sebesar Rp 280.373.702 dari sebelumnya sebesar Rp 266 juta. Ada pula sejumlah program lain yang nilai dana yang diajukan juga cukup fantastis.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Napi Kasus Narkoba Kabur dari Lapas Kerobokan

Napi Kasus Narkoba Kabur dari Lapas Kerobokan

Denpasar – Seorang tahanan kasus narkotika berkewarganegaraan Amerika Serikat (AS) kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas ...