Home > Ragam Berita > Internasional > Arab Saudi Minta Tak Ada Lagi Foto Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Arab Saudi Minta Tak Ada Lagi Foto Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Makah – Larangan untuk berfoto atau berselfie di area Masjidil Haram, Makah dan Masjid Nabawi, Madinah dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi belum lama ini.

Arab Saudi Minta Tak Ada Lagi Foto Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Mastuki selaku Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kementerian Agama mengatakan bahwa “Larangan ini akan kami sosialisasikan ke Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), asosiasi umrah, serta Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) sebelum keberangkatan jamaah ke Saudi,”

Sekarang ini larangan itu kembali ditegaskan, lanjutnya, banyaknya jamaah umroh dan haji yang menggunakan handphone berkamera untuk mengambil gambar dan selfie di sana.

Tentu saja dirinya menjelaskan bahwa alasannya tak lain ialah kelakuan tersebut kerap mengganggu kekhusyuan ibadah jemaah lainnya.

“Ketika banyak orang ambil gambar dan selfie, pastilah mengganggu perhatian dan kekhusyu’an jemaah lain yang sedang beribadah,” ujarnya.

Mastuki mengatakan sejak tahun lalu Kemenag sudah mesosialisasikan larangan itu sejak tahun lalu, terutama saat manasik.

Kepada jamaah disampaikan mengenai seluruh informasi larangan lainnya yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi, seperti membawa makanan yang menyengat, rokok, atau barang yang dilarang dalam penerbangan.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

PM Israel Tegaskan Tidak Setuju Yerusalem Timur Jadi Ibu Kota Palestina

PM Israel Tegaskan Tidak Setuju Yerusalem Timur Jadi Ibu Kota Palestina

Yerusalem – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu secara tegas menolak deklarasi para pemimpin negara Islam ...