Home > Ragam Berita > Nasional > Setya Novanto Klaim Tidak Bersalah Dalam Kasus E-KTP

Setya Novanto Klaim Tidak Bersalah Dalam Kasus E-KTP

Jakarta – Wakil Sekjen Golkar Sarmuji mengungkapkan bahwa Ketua Umum Golkar non aktif Setya Novanto sempat menyatakan bahwa kisruh e-KTP yang terjadi sekarang adalah masalah pribadinya. Namun, di saat yang bersamaan, kata Sarmuji, Setya Novanto juga mengklaim bahwa dirinya tidak bersalah dalam dugaan korupsi pengadaan e-KTP.

Setya Novanto Klaim Tidak Bersalah Dalam Kasus E-KTP

“Hal itu disampaikan oleh Pak Setya Novanto ketika acara bidang legislatif Partai Golkar di Hotel RedTop Jakarta beberapa waktu lalu. Dirinya mengklarifikasi bahwa dirinya tidak terlibat,” ujar Sarmuji dalam diskusi status Golkar pascapenetapan Setya Novanto sebagai tersangka, Sabtu, 25 November 2017.

Sebagaimana diketahui, Setya Novanto telah ditahan dan ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus korupsi E-KTP. Dalam kasus tersebut, Setya diduga mengatur proses pengadaan agar menguntungkan dirinya. Adapun negara ditaksir merugi sebanyak Rp2,3 triliun karena ulahnya.

Walaupun sudah ditetapkan sebagai tersangka, Setya Novanto tetap berkelit dirinya tak bersalah. Bahkan, ia sampai mengajukan pra peradilan lagi serta mengirimkan surat baik kepada DPR maupun DPP Golkar agar dirinya diberi kesempatan membela diri.

Baca juga: Pemprov Anggarkan Rp 1,5 Triliun untuk BPJS Warga DKI

Sarmuji melanjutkan bahwa Setya tak hanya mengklaim dirinya tak bersalah, tetapi juga menyatakan bahwa tak ada sesenpun uang terkait korupsi e-KTP ke Golkar jika memang dirinya terbukti melakukan korupsi. Oleh karena itu, harapannya, Golkar tidak terdampak terlalu jauh oleh perkara Setya Novanto.

“Kalaupun ini menjadi masalah, ini masalah personal saya, tidak ada satu sen pun uang mengalir kepada Golkar. Itu yang dinyatakan Pak Novanto,” ujar Sarmuji.

x

Check Also

Banjir dan Pohon Tumbang Mengepung Sejumlah Wilayah di DKI Jakarta

Banjir dan Pohon Tumbang Mengepung Sejumlah Wilayah di DKI Jakarta

Jakarta – Hujan lebat yang disertai angin kencang kembali mengguyur Ibu Kota DKI Jakarta hari ...