Home > Gaya Hidup > Bernyanyi Ternyata Dapat Meningkatkan Sistem Imun Penderita Kanker

Bernyanyi Ternyata Dapat Meningkatkan Sistem Imun Penderita Kanker

Jakarta – Kegiatan bernyanyi bukan hanya terkait hobi seseorang namun ternyata sangat bagus bagi kesehatan tubuh yakni meningkatkan sistem imun, terutama bagi penderita kanker.

Bernyanyi Ternyata Dapat Meningkatkan Sistem Imun Penderita Kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti Inggris pada 2015 lalu mengungkapkan bahwa melakukan kegiatan bernyanyi berpengaruh terhadap mood dan tingkat stress seseorang.

Responden yang terlibat di dalam penelitian tersebut dibagike dalam tiga kategori yaitu perawat untuk orang sakit (72 responden), perawat yang telah kehilangan harapan dan dirundung keputusasaaan (66 responden), dan pasien pengidap penyakit kanker (55 responden).

Untuk responden penderita kanker, peneliti menggunakan sampel air liur dan mereka diminta mengikuti sesi latihan paduan suara selama 70 menit. Sesi tersebut terdiri dari latihan pemanasan, pembelajaran lagu baru yang akan dinyanyikan, serta repertoar yang akan dipentaskan.

Satu minggu sebelum mengikuti latihan paduan suara, responden diminta untuk mengisi formulir yang berisi informasi terkait demografis dan psikologis. Setelah itu, sebelum dan sesudah latihan responden diminta memberikan sampel air liurnya.

Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa sistem imun penderita meningkat , sedangkan hormon stres kortisol menurun.

Namun demikian, penelitian tersebut masih membutuhkan kajian yang lebih lanjut terkait efek jangka panjang dari bernyanyi bagi pasien kanker.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Begini Cara Mengatasi Sakit Kepala Yang Terjadi Akibat Bekerja

Begini Cara Mengatasi Sakit Kepala Yang Terjadi Akibat Bekerja

Jakarta – Pekerjaan yang menumpuk dan tekanan yang bertubi-tubi akibat beban pekerjaan yang belum terselesaikan ...