Home > Travel & Kuliner > Kafe Mbok Kom, Kafe Disabilitas Modern Di Surabaya

Kafe Mbok Kom, Kafe Disabilitas Modern Di Surabaya

Surabaya – Kafe yang beraa di jalan Ketintang Madya Surabya ini nampak seperti kafe kafe modern biasa yang ada diberbagai tempat. Namun jika anada mampir kesini barulah anda akan merasakan perbedaan dan keunikan kafe tersebut. Kafe tersebut bernama Kafe Kafe Mbok Kom.

Kafe Mbok Kom, Kafe Disabilitas Modern Di Surabaya

Kafe Mbok Kom, Kafe Disabilitas Modern Di Surabaya

Di Kafe Mbok Kom ini, hampir 90 persen karyawannya dari kalangan disabilitas itulah yang menjadikan kafe tersebut unik dan lain daripada kafe kafe pada umumnya. Mochammad Shobik (31) pemilik kafe, menuturkan warung kopi semi modern ini memang dibuat tidak berbeda jauh dengan warung kopi pada umumnya.

Dia mengatakan, memang awalnya akan terlihat asing bagi sebagian besar pengunjung kafe yang datang. Karena sebagian besar karyawan yang bekerja disana mengalami tunarungu, tunawicara maupun tunadaksa.

Baca juga : Resep Singkong Goreng Empuk, Jajanan yang Bikin Ketagihan

“Kita tunjukkan bahwa kalangan disabilitas masih mempunyai keinginan untuk berusaha seperti layaknya orang normal,” kata Shobik.

“Awalnya, memang banyak komplain dari customer. Tapi saya anggap wajar lah, karena mereka enggak tahu kalau disini pekerja dari kalangan disabilitas. Ada yang ditanya diam saja, ada juga yang diajak ngobrol tapi enggak bersuara. Di sana, customer sempat merasa jengkel dan kecewa,” ucap Shobik.

Setelah pelanggan cafe tahu jika sebagian besar pekerja kalangan disabilitas, justru mereka merasa kagum. Bahkan tak jarang juga mendoakan agar usahanya lancar. Sebagian besar, mereka datang dari berbagai kota, di antaranya, Nganjuk, Trenggalek, Kediri, Sidoarjo, Surabaya dan Bali.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Hotel Bintang Lima di Australia Ini Ternyata Milik Warga Negara Indonesia

Wow, Hotel Bintang Lima di Australia Ini Ternyata Milik Warga Negara Indonesia

Sydney – Hanya segelintir warga negara Indonesia yang bisa sukses di luar negeri, apalagi di ...