Home > Ragam Berita > Nasional > Wilayah Jatim Berada Dalam Ancaman Puting Beliung

Wilayah Jatim Berada Dalam Ancaman Puting Beliung

Surabaya – Mengenai cuaca tak menentu yang terjadi di kawasan Jatim, BMKG Jatim kali ini mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem sejak hari Minggu lalu. BMKG juga meminta agar masyarakat mewaspadai angin puting beliung.

Wilayah Jatim Berada Dalam Ancaman Puting Beliung

Taufik Hermawan selaku Kasi Data dan Informasi BMKG berkata bahwa “Kondisinya akan berlangsung sampai dua hari ke depan (Selasa, Red),”

Kondisi cuaca ekstrem terjadi karena adanya tekanan rendah di Selatan Jawa yang mengakibatkan area belokan angin. Kondisi itu juga memicu peningkatan pertumbuhan hujan.

BMKG memprediksi, hujan lebat hingga ekstrem turun hampir di seluruh Jatim. Potensi angin kencang dan puting beliung bisa terjadi di Surabaya, Lamongan, Sidoarjo, Gresik, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Sumenep, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Malang, Mojokerto, dan Jombang.

“Untuk gelombang tinggi bisa terjadi di perairan Kepulauan Masalembu, Pulau Bawean, Laut Jawa bagian Timur, Perairan Selatan Jatim, dan Samudera Hindia Selatan. Kami imbau agar nelayan tradisional menunda aktivitas melaut terlebih dahulu,” imbau Taufik.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Dijenguk Djarot, Ahok Minta Dibawakan Durian

Dijenguk Djarot, Ahok Minta Dibawakan Durian

Jakarta – Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Siaful Hidayat mengaku masih sering menjengung rekan ...