Home > Ragam Berita > Nasional > Bongkar APBD DKI, ICW Temukan Beli Rumah Rp 82 Miliar, Tapi Rinciannya Untuk Beli AC

Bongkar APBD DKI, ICW Temukan Beli Rumah Rp 82 Miliar, Tapi Rinciannya Untuk Beli AC

Jakarta – Sejumlah kejanggalan yang terdapat di dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) DKI Jakarta kembali ditemukan. Kali ini Indonesia Corruption Watch (ICW) melalui akun media sosial @antikorupsi, mengungkapkan kejanggalan anggaran pembelian rumah MT Haryono.

Bongkar APBD DKI, ICW Temukan Beli Rumah Rp 82 Miliar, Tapi Rinciannya Untuk Beli AC

ICW menemukan bahwa anggaran pembelian rumah senilai Rp 82.6 miliar ternyata tertulis sebagai anggaran pembelian AC Split 2 PK (inverter). Dengan koefisien sebanyak 8.260 meter dengan harga Rp 10.000.000, maka didapatkan harga Rp 82,6 miliar.

“Yang menarik lainnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang mengalokasikan Rp 82,6 miliar untuk pembelian rumah MT Haryono. Namun ketika dilihat rinciannya ternyata untuk pembelian AC Split 2 PK (inverter). #MelekAPBD,” tulis ICW, Senin (27/11/2017).

Seperti diketahui sebelumnya, pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi (Disparbud) DKI Jakarta memang menginginkan untuk membeli rumah milik pahlawan revolusi Mas Tirtodarmo Haryono atau MT Haryono yang terletak di Jalan Prambanan, Nomor 8, Menteng, Jakarta Pusat, dengan anggaran sebesar Rp 82,6 miliar.

Hal itu didasarkan karena rumah tersebut merupakan cagar budaya golongan A dan menjadi saksi bisu peristiwa kelam di malam 30 September 1965.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Golkar Tarik Dukungan Kepada Ridwan Kamil, Ini Sebabnya

Golkar Tarik Dukungan Kepada Ridwan Kamil, Ini Sebabnya

Jakarta – Golkar memutuskan menarik dukungannya dari Ridwan Kamil sebagai calon Gubernur Jawa Barat pada ...