Home > Ragam Berita > Internasional > Putra Mahkota Arab Saudi Siap Memburu Teroris Bersama 41 Negara Islam

Putra Mahkota Arab Saudi Siap Memburu Teroris Bersama 41 Negara Islam

Riyadh – Muhammad bin Salman yang tak lain adalah Putra Mahkota Arab Saudi kali ini secara mengejutkan berani bersumpah akan memburu teroris dan membasmi mereka dari muka bumi lewat sebuah aliansi yang dibentuk bersama dengan 41 negara Islam.

Putra Mahkota Arab Saudi Siap Memburu Teroris Bersama 41 Negara Islam

Saat berpidato di Riyadh dalam KTT Aliansi, dirinya berkata “Di tahun-tahun sebelumnya, terorisme telah merajalela di semua negara kita, tanpa koordinasi. Namun semua itu akan berakhir hari ini, dengan aliansi ini,”

Tentu saja di dalam KTT aliansi ini, terdapat ke-41 delegasi negara-negara Islam dan membentuk Koalisi Anti Terorisme yang bertujuan melawan ekstremisme dan kekerasan terorisme. Negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim bergabung dengan aliansi ini, termasuk Mesir, Uni Emirat Arab, Bahrain, Afghanistan, Uganda, Somalia, Mauritania, Lebanon, Libya, Yaman dan Turki.

Namun yang perlu diketahui adalah walaupun aliansi ini dibentuk dari sebagian besar negara-negara Islam, sebagian besar anggota merupakan negara mayoritas Sunni. Saudi mengecualikan negara yang didominasi Syiah, seperti Iran, dalam koalisi ini. Qatar pun tidak bergabung dengan aliansi ini di tengah hubungannya yang meregang dengan Saudi.

Sedangkan Raheel Sharif selaku mantan Jenderal Pakistan berkata bahwa “Aliansi ini dibentuk untuk memobilisasi dan mengatur penggunaan sumber daya, memfasilitasi pertukaran informasi dan membantu negara-negara anggota membangun kapasitas kontra-terorisme mereka sendiri,”

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Kalimat Doa Bapa Kami Ini Yang Ingin Diubah Paus Fransiskus

Kalimat Doa Bapa Kami Ini Yang Ingin Diubah Paus Fransiskus

Vatikan – Pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus, menilai salah satu kalimat yang ada di dalam ...