Home > Gaya Hidup > Begini Tanda-Tanda Ibu Hamil Akan Melahirkan

Begini Tanda-Tanda Ibu Hamil Akan Melahirkan

Jakarta – Bagi Anda yang baru pertama kali mengalami kehamilan, tentu akan merasakan takut bercampur bahagia bila telah mendekati waktu kelahiran.

Begini Tanda-Tanda Ibu Hami Akan Melahirkan

Takut merasakan bagaimana rasanya melahirkan, namun bahagia karena sang buah hati akan segera bisa Anda peluk
Salah satu yang kemudian menjadi pertanyaan bagi banyak ibu yang baru pertama kali mengalami kehamilan yakni soal tanda-tanda yang dirasakan saat menjelang melahirkan.

Berikut beberapa tanda ibu hamil akan melahirkan:

1. Janin Sudah Masuk ke Panggul
Salah satu tanda penting yang bisa dirasakan yakni bayi sudah mulai turun ke panggul sehingga pernafasan ibu hamil menjadi lebih lega karena posisi bayi tidak lagi menekan diafragma. Namun demikian, karena kepala bayi makin menekan kandung kemih maka sang ibu akan lebih sering buang air kecil.

2. Serviks Melebar
Serviks akan mulai terbuka melebar guna mempersiapkan jalan keluar sang bayi, atau yang lebih umum disebut ‘bukaan’. Bukaan ini lantas diukur secara manual dengan satuan centimeter. Seorang ibu yang dinilai sudah siap untuk melahirkan bila ‘bukaan’ telah mencapai 10 centimeter atau bukaan 10.

3. Sering Mengalami Kram Pada Pangkal Paha dan Punggung
Ibu hamil juga akan lebih sering merasakan kram pada pangkal paha dan punggung menjelang persalinan.

4. Sendi Terasa Lebih Longgar
Selama kehamilan, hormon relaxin membuat ligamen menjadi lebih lembut dan longgar. Sebelum melahirkan, ibu hamil mungkin akan merasakan sendi di sekujur tubuh terasa sedikit lebih longgar.

5. Diare
Menjelang persalinan ibu hamil juga akan lebih sering buang air besar, seperti diare. Hal ini wajar karena otot-otot di rectum akan lebih rileks. Jangan lupa untuk banyak minum agar cairan tubuh tetap terjaga.

6. Berat Badan Nggak Lagi Bertambah atau Turun
Di awal kehamilan, berat badan ibu hamil cenderung naik. Tapi menjelang persalinan berat badan cenderung stabil, bahkan beberapa ibu hamil justru mengalami penurunan berat badan.

7. Lebih Cepat Lelah
Bertambahnya ukuran perut akan membuat ibu hamil lebih mudah merasa lelah ‘membawanya’. Perasaan lelah juga diakibatkan karena perasaan tidak nyaman saat tidur sehingga tubuh menjadi kurang beristirahat.

8. Keluar Lendir dari Vagina
Selama kehamilan, serviks akan dilindungi oleh sumbat berupa selaput lendir tebal agar bakteri tidak mudah masuk ke rahim. Saat menjelang persalinan, leher rahim akan mulai rileks dan sumbat tersebut akan dikeluarkan berupa cairan, bisa jernih, merah seperti darah, atau merah muda.

9. Lebih Sering Merasakan Kontraksi
Menjelang persalinan, ibu hamil biasanya akan lebih sering merasakan kontraksi yang tidak hilang meskipun posisi tubuh telah diubah. Kontraksi ini biasanya dimulai dari punggung bawah dan bergerak ke perut bagian bawah, bahkan bisa terasa hingga ke kaki

10. Air Ketuban Pecah
Bagi yang baru pertama kali hamil mungkin bingung membedakan cairan ketuban dan air kencing. Lebih baik segeralah memeriksakan diri ke dokter bila air ketuban telah pecah. Ini penting untuk memastikan cairan ketuban masih baik. Yang berbahaya bila air ketuban yang keluar berwarna kehijauan atau berbau busuk karena mengindikasikan adanya infeksi.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Marak Difteri, Kenali Tiga Bakteri Penyebabnya

Marak Difteri, Kenali Tiga Bakteri Penyebabnya

Jakarta – Kali ini sedang mewabah penyakit Difteri, dimana infeksi ini terjadi lantaran disebabkan oleh ...