Home > Ragam Berita > Nasional > PBNU Anggap Habib Rizieq Tak Mewakili Umat Islam RI Sebagai Imam Besar

PBNU Anggap Habib Rizieq Tak Mewakili Umat Islam RI Sebagai Imam Besar

Jakarta – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama akhirnya memutuskan angkat bicara mengenai pengangkatan Habib Rizieq Syihab menjadi Imam Besar Umat Indonesia. PBNU memiliki penilaian bahwa kongres tersebut tak merepresentasikan umat Islam di Indonesia.

PBNU Anggap Habib Rizieq Tak Mewakili Umat Islam RI Sebagai Imam Besar

Robikin Emhas selaku Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU mengatakan bahwa “Kalau untuk imam, ya cukup imam di jemaahnya saja. Kalau ada yang mengangkat imam, yang mengangkat imam jemaah sendiri, yang pasti kuorum tak merepresentasikan umat Islam di Indonesia,”

“Mereka hanya sebagian kecil di antara umat Islam yang ada, sehingga tak perlu ada klaim dengan menisbatkan seseorang menjadi imam,” lanjutnya.

“Betapa rendah kedudukan agama bila dijadikan aspirasi politik hanya untuk menangguk keuntungan politik elektoral. Apalagi sekadar dikonversi dengan perolehan suara dalam politik elektoral lima tahunan,” terangnya.

“Hukum berlaku untuk semua. Begitu juga akses keadilan harus terbuka bagi setiap warga negara (justice for all), tanpa terkecuali. Konsekuensinya, penegakan hukum (law enforcement) harus dilakukan. Sehingga setiap warga negara yang diduga melanggar hukum berdasarkan alat bukti yang cukup harus siap diproses secara hukum,” paparnya.

Sebelumnya, Ketua Presidium Alumni 212 mengatakan kongres menyepakati bahwa Rizieq diangkat menjadi Imam Besar Umat Indonesia. Hal itu disampaikan saat orasi Reuni 212 hari ini.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Dijenguk Djarot, Ahok Minta Dibawakan Durian

Dijenguk Djarot, Ahok Minta Dibawakan Durian

Jakarta – Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Siaful Hidayat mengaku masih sering menjengung rekan ...