Home > Teknologi > Jokowi Imbau Masyarakat Berhati-hati dengan Cuaca Ekstrem

Jokowi Imbau Masyarakat Berhati-hati dengan Cuaca Ekstrem

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau agar masyarakat mewaspadai kondisi cuaca ekstrem yang saat ini tengah terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Sebab cuaca dengan hujan dan angin kencang bisa saja menimbulkan korban jiwa.

Jokowi Imbau Masyarakat Berhati-hati dengan Cuaca Ekstrem

“Tingkatkan terus kewaspadaan karena cuacanya memang, sekali lagi cuacanya ekstrem. Hujan lebat, angin kencang juga ada gelombang yang tinggi. Semuanya hati-hati,” kata Jokowi usai meresmikan venue di Stadion GBK pada Sabtu (2/12/2017).

Jokowi telah menginstruksikan kepada semua Kementerian dan Lembaga seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan SAR Nasional (Basarnas), TNI, Polri, serta pemerintah daerah agar waspada dan siap sedia dalam membantu masyarakat apabila mereka terkena bencana, harus ada pertolongan secepatnya. Meskipun hingga saat ini cuaca tersebut belum banyak menimbulkan masalah, tapi cuaca ekstrem ini diprediksi masih cukup lama seiring musim penghujan yang masih ada pada bulan Desember dan Januari.

Selain itu, Jokowi meminta agar jalur-jalur logistik yang membawa kebutuhan pokok jangan sampai putus, baik jalur darat maupun laut. “Ini juga harus betul-betul diantisipasi dan diwaspadai,” ujarnya.

Menteri Sosial RI Khofifah Indah Parawansa meminta seluruh stakeholder terkait kebencanaan dan masyarakat di Tanah Air mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi pada bulan Desember. Hal itu menurut hasil penelitian dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Kalau kita bicara cuaca ekstrem, menurut BMKG itu akan masuk di bulan Desember. Jadi November kemarin belum masuk puncak cuaca ekstrem,” kata Mensos usai berkunjung ke lokasi pengungsi banjir dan tanah longsor di Imogiri Bantu, DIY, Sabtu (2/12/2017). (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ilmuwan Ungkap Manuskrip Terlarang Yang Diduga Ajaran Yesus ke Yakobus

Ilmuwan Ungkap Manuskrip Terlarang Yang Diduga Ajaran Yesus ke Yakobus

Jakarta – Sejumlah ilmuwan mengklaim telah berhasil mengungkap kopian dari manuskrip asli yang dianggap sesat ...