Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan sejumlah venue olahraga di Gelora Bung Karno, Sabtu, 2 Desember 2017. Venue tersebut nantinya akan digunakan dalam perhelatan Asian Games 2018.

Sejumlah Venue Asian Games 2018 Diresmikan Presiden Jokowi

Berdasarkan keterangan dari Biro Pers Sekretariat Presiden, ada empat venue yang akan diresmikan Jokowi. Venue tersebut adalah lapangan hoki, lapangan sepak bola ABS, lapangan panahan, dan stadion renang (aquatik) GBK. Peresmian akan dilakukan mulai pukul 11.30 WIB.

Sejumlah persiapan peresmian sudah dilakukan di lokasi. Para atlet dan pengurus asosiasi olahraga telah hadir di venue. Petugas keamanan serta Pasukan Pengamanan Presiden telah melakukan sterilisasi lokasi yang akan dihadiri Jokowi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala Bekraf Triawan Munaf, dan Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee Erick Thohir di lapangan bola Stadium GBK, Jakarta, 23 November 2017. Tempo/Vindry Florentin

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan ada 13 venue Asian Games 2018. “Empat venue telah selesai, dan sembilan lagi akan selesai akhir Desember 2017,” kata Basuki di lapangan hoki, Sabtu (2/11/2017).

Dia menambahkan empat venue yang diresmikan hari ini akan segera digunakan dalam test event yang akan berlangsung dalam beberapa hari kedepan. Selanjutnya, venue olahraga ini akan digunakan dalam Asian Games 2018 yang akan berlangsung mulai 18 Agustus 2018. Event olahraga ini akan berlangsung di Jakarta dan Palembang. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)