Home > Ragam Berita > Nasional > Lukman Hakim Saifuddin Minta Masyarakat Sudahi Ujaran Kebencian

Lukman Hakim Saifuddin Minta Masyarakat Sudahi Ujaran Kebencian

Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa untuk menghilangkan ujaran kebencian di zaman informasi dan teknologi, instrumen agama dan pendidikan sangatlah penting. Menurut dia, agama harus dijadikan sebagai basis untuk mendorong harmoni keberagamaan di Indonesia, sehingga dapat menciptakan peradaban dunia.

Lukman Hakim Saifuddin Minta Masyarakat Sudahi Ujaran Kebencian

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin

Karena itu, Lukman mengajak kepada semua umat beragama di Indonesia untuk selalu memuliakan agama sebagai nilai suci dalam memanusiakan manusia. Bukan justru sebaliknya, agama dianut untuk merendahkan jati diri manusia.

Menurut Lukman, sebagai umat beragama, maka juga harus berani untuk menolak setiap penyalahgunaan agama. “Kita selaku umat beragama pun harus berani menolak setiap penyalahgunaan agama untuk kepentingan yang tidak sesuai dengan watak dasar dan tujuan dari agama itu sendiri,” ujarnya saat membuka MQK ke-VI di Lapangan Pesantren Roudlotul Mubtadiin, Balekambang, Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (2/12/2017).

Dengan adanya penyalahgunaan agama itu, menurut Lukman, pendidikan hendaknya ditempatkan sebagai washilah atau penyambung untuk mengasah anak bangsa agar memiliki mental yang luhur, kearifan yang kuat, kecerdasan yang prima, dan keterampilan yang agung. Dengan demikian, generasi bangsa yang telah dimuliakan oleh agama itu memiliki makna penting dalam memakmurkan alam raya.

“Jadikanlah pendidikan sebagai sarana untuk melahirkan generasi yang berkeadaban dan berkemajuan. Agama dan pendidikan pada kenyataannya merupakan jati diri bangsa kita. Indonesia merupakan negara yang beragama dan kaya akan pendidikan,” kata Lukman. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Terkait Aksi Bela Palestina, Wiranto Tegaskan Bakal Beri Dukungan kepada MUI

Terkait Aksi Bela Palestina, Wiranto Tegaskan Bakal Beri Dukungan kepada MUI

Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan pemerintah mendukung rencana Aksi Bela ...