Home > Teknologi > Sains > Jelang Natal Ada Asteroid Raksasa Dekati Bumi

Jelang Natal Ada Asteroid Raksasa Dekati Bumi

San Fransisco – Beberapa waktu belakangan beredar sebuah rumor bahwa akan ada asteroid raksasa yang akan mendekati bumi pada akhir Desember 2017. Kabar tersebut sudah dibenarkan oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Jelang Natal Ada Asteroid Raksasa Dekati Bumi

Jelang Natal Ada Asteroid Raksasa Dekati Bumi

Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut menyebutkan bahwa asteroid ini diperkirakan akan mendekati orbit mulai 16 Desember 2017, tepat satu minggu sebelum perayaan Hari Natal. Asteroid yang akan mendekati bumi ini sudah ditemukan NASA sejak Desember 2007 silam.

Dilansir dari media Mirror, Sabtu (02/12/2017), benda luar angkasa tersebut diberi nama “3200 Phaethon” yang diambil berdasarkan nama Dewa Yunani. Ukurannya diperkirakan sekitar 3 mil.

Baca juga : Apa Mungkin Gadis Pada Lukisan Tahun 1850 Ini Sedang Melihat Telepon Genggamnya?

Menurut legenda Yunani, dewa tersebut menyebabkan kerusakan besar di Bumi. Namun NASA mengklaim bahwa 3200 Phaethon tidak akan merusak Bumi seperti dewa aslinya. Sehingga masyakat diharapkan tidak menjadi panik.

“Ia akan melewati jarak 6,5 juta mil dari Bumi, masih jauh dan bahkan 27 kali lebih jauh daripada jarak Bumi dengan Bulan,” kata NASA dalam keterangan resminya.

Walau demikian, NASA mengakui 3200 Phaethon adalah asteroid kategori “near-Earth” (terdekat dengan Bumi) yang berbahaya jika tidak ‘ditanggulangi’. Karena itu, para ilmuwan di NASA Jet Propulsion Laboratory tengah merencanakan menggunakan model 3D asteroid untuk meneliti kembali bentuknya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Ilmuwan Ungkap Manuskrip Terlarang Yang Diduga Ajaran Yesus ke Yakobus

Ilmuwan Ungkap Manuskrip Terlarang Yang Diduga Ajaran Yesus ke Yakobus

Jakarta – Sejumlah ilmuwan mengklaim telah berhasil mengungkap kopian dari manuskrip asli yang dianggap sesat ...