Home > Ragam Berita > Nasional > Pemprov DKI Bakal Selenggarakan Workshop Terkait Reklamasi

Pemprov DKI Bakal Selenggarakan Workshop Terkait Reklamasi

Jakarta — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, minggu depan pihaknya akan menggelar workshop(lokakarya) yang membahas kajian tentang reklamasi yang dilakukan ikatan alumni ITB (Institut Teknologi Bandung) Jakarta yang tergabung dalam Presidium Alumni Perguruan Tinggi Se Indonesia (Petisi) TolakReklamasi.

Pemprov DKI Bakal Selenggarakan Workshop Terkait Reklamasi

“Insya Allah kita akan adakan lokakarya minggu depan, diselenggarakan oleh Bappeda DKI membahas masukan dari mereka (alumni ITB). Ada 5 aspek utama yang dibahas,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Ia mengatakan, kajian tersebut telah disampaikan secara lengkap. “Asprirasi yang disampaikan berisikan poin-poin mengapa reklamasi merupakan masalah dan tidak perlu dilanjutkan,” lanjutnya.

Ketua Petisi Tolak Reklamasi Akhmad Syarbini mengatakan sesuai arahan Anies, pihaknya akan melakukan kajian lebih lanjut dengan melibatkan sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta.

“Arahan Pak Gubernur kami akan mengkaji lagi dengan melibatkan 13 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, yang mencoba mengkaji dari lima aspek kenapa kita menolak atau meminta menghentikan reklamasi,” kata dia.

Baca juga: Staf Khusus Kementerian ESDM Bakal Segera Diperiksa KPK

Akhmad menyebutkan, aspek-aspek yang melatarbekalangi penolakan reklamasi antara lain berdasarkan aspek teknik dan lingkungan, aspek hukum, aspek sosial-ekonomi-budaya, aspek geopolitik dan hankamnas (pertahanan dan keamanan nasional).

“Menurut kami ini tanggapannya luar biasa Gubernur yang akan mengadakan workshop minggu depan,” lanjut Akhmad.

Anies dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI 2017 telah dengan tegas menyatakan bahwa mereka menolak reklamasi di pantai utara Jakarta. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kalah di Pengadilan Tinggi Melawan Fahri Hamzah, PKS Harus Bayar Rp 30 Miliar

Kalah di Pengadilan Tinggi Melawan Fahri Hamzah, PKS Harus Bayar Rp 30 Miliar

Jakarta – Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta memenangkan pihak Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang ...