Home > Teknologi > Sains > Ilmuwan Ungkap Manuskrip Terlarang Yang Diduga Ajaran Yesus ke Yakobus

Ilmuwan Ungkap Manuskrip Terlarang Yang Diduga Ajaran Yesus ke Yakobus

Jakarta – Sejumlah ilmuwan mengklaim telah berhasil mengungkap kopian dari manuskrip asli yang dianggap sesat karena berisi soal ajaran Yesus kepada saudaranya, Yakobus.

Ilmuwan Ungkap Manuskrip Terlarang Yang Diduga Ajaran Yesus ke Yakobus

Dua ilmuwan dari Universitas Texas, yakni Geoffrey Smith dan Brent Landau, mengatakan bahwa temuan tersebut seharusnya bisa menambah koleksi tulisan kuno yang sekarang disimpan di Perpustakaan Nag Hammadi.

“Terlalu meremehkan untuk bilang bahwa kami merasa sangat senang ketika menyadari apa yang kami temukan. Kami tidak pernah menyangka akan menemukan potongan Yunani dari Wahyu Pertama Yakobus,” kata Smith, seperti dikutip dari Sciencedaily, Kamis (30/11/2017).

Dalam tulisan tersebut berisi soal ajaran rahasia Yesus kepada Yakobus, tentang aalm surgawi dan kejadian yang akan terjadi di masa depan, termasuk soal kematian Yakobus.

“Teks tersebut melengkapi catatan alkitabiah tentang kehidupan dan pelayanan Yesus, dan mengizinkan kita mengetahui percakapan yang diduga terjadi antara Yesus dan Yakobus. Percakapan tentang ajaran rahasia yang menjadikan Yakobus menjadi guru yang baik setelah kematian Yesus,” ujar Smith.

Smith dan Landau juga menyadari bahwa temuan mereka itu bertentangan dengan batas kanonik yang ditetapkan oleh Athanasius, Uskup Aleksandria, yang mendefinisikan Perjanjian Baru hanya terdiri dari 27 kitab, tidak dapat ditambah atau dikurangi.

Keduanya juga menyebutkan bahwa susunan huruf dalam kopian manuskrip ini tersusun dengan rapi dan seragam. Hal yang tidak bisa ditemukan dalam manuskrip kuno lainnya, kecuali dalam konteks untuk mengajar.

Temuan ini kemudian dibawa ke Society of Biblical Literature Annual Meeting di Boston pada bulan November 2017 dan akan diusahakan untuk dipublikasikan dalam rangkaian memoir berbahasa Yunani Romawi dari Papirus Oxyrhynchus.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Google Harus Bayar Rp 134 Triliun per Tahun Untuk ‘Menyewa Tempat’ di iPhone

Wow, Google Harus Bayar Rp 134 Triliun per Tahun Untuk ‘Menyewa Tempat’ di iPhone

Jakarta – Meski Apple merupakan pesaing berat Google dalam perangkat keras dan perangkat lunak, tidak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135