Home > Gaya Hidup > Tips > Ingin Redakan Nyeri Kaki ? Ikuti Beberapa Tip Berikut Ini

Ingin Redakan Nyeri Kaki ? Ikuti Beberapa Tip Berikut Ini

Jakarta – Dua masalah kaki yang paling umum terjadi pada orang dewasa aadalh plantar fasciitis dan Achilles tendinopathy. Plantar fasciitis dapat menyebabkan rasa sakit di tumit dan bagian bawah kaki.

Ingin Redakan Nyeri Kaki ? Ikuti Beberapa Tip Berikut Ini

Sementara Achilles tendinopathy dapat menyebabkan rasa sakit dan kekakuan pada tendon yang menempel di tulang tumit Anda hingga ke otot betis.

Meski demikian. terapis fisik menyebutkan jika terdapat beberapa kesalahpahaman tentang cara mengatasi sakit di kaki. Penyebab plantar fasciitis adalah radang fasia plantar atau jaringan tebal yang melintang di lengkungan kaki antara tulang tumit ke jari kaki.

Terdapat tiga cara efektif untuk merawat kaki Anda. Cobalah untuk melakukan latihan ini setiap hari untuk mengurangi rasa sakit kaki Anda yang kronis.

1. Foot roll
Resep paling umum untuk plantar fasciitis adalah menggulung kaki Anda di atas botol air yang beku. Karena peradangan bukanlah masalah sebenarnya, Anda tidak membutuhkan es, tapi cara menggulung kaki ini cukup efektif mengatasinya. Caranya, letakkan botol di bawah tumit salah satu kaki, gulingkan botol dengan kaki tengah lalu kembali ke tumit. Ulangi 10 kaki dan ganti ke kaki yang lain.

2. Peregangan betis
Pikirkan bahwa tumit sebagai satu unit dengan tendon Achilles di bagan atas dan plantar fascia di bagian bawah. Jika Achilles berhenti, plantar fascia juga bergeser. Itulah sebabnya mengapa peregangan betis adalah cara lain untuk mengobati plantar fasciitis. Ini memungkikan Anda untuk mengarahkan kembali tumit.

Caranya, regangkan ujung jari salah satu kaki ke tembok dan tumit menumpu di bawah lantai. Tahan posisi ini selama 15 detik dan beralih ke kaki lainnya. Ulangi ini beberapa kali sehari.

3. Menarik betis
Untuk mengatasi Achilles tendinopathy yaitu rasa sakit dan kekakuan di belakang tumit hingga naik ke otot betis Anda, perpanjang otot tertama bagian betis. Anda bisa mencoba berjalan mundur atau lambat untuk meningkatkan atau menarik bagian betis Anda.
Cara melakukannya, cobalah berdiri di depan dinding dengan kaki jinjit atau bagian jari bertumpu di lantai. Angkat tumit setinggi mungkin dan tahan di atas sebentar. Perlahan, ambil tiga kali lebih lama dari yang sebelumnya untuk mengangkat tumit, turunkan tumit kembali ke lantai.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Begini Tips Hemat Mengelola Belanja Bulanan

Begini Tips Hemat Mengelola Belanja Bulanan

Jakarta – Pengeluaran bulanan untuk keperluan dapur dan rumah tangga merupakan pengeluaran rutin yang memang ...