Home > Ragam Berita > Nasional > Ada Puluhan Ribu RT, Anies Tidak Mau Ada LPJ Menumpuk

Ada Puluhan Ribu RT, Anies Tidak Mau Ada LPJ Menumpuk

Jakarta – Anies Baswedan akhirnya beberkan alasan mengenai akan diubahnya mekanisme LPJ dana operasional yang ramai dibicarakan akhir-akhir ini. Dirinya mengatakan bahwa laporan pertanggungjawaban (LPJ) dana operasional RT/RW dengan sistem yang selama ini diterapkan Pemprov DKI Jakarta selalu menumpuk.

Ada Puluhan Ribu RT, Anies Tidak Mau Ada LPJ Menumpuk

Saat ditemui di Balai Kota, dirinya berkata “Kita tahu di Jakarta hari ini ada 30.407 RT dan 2.732 RW. Jadi, total RT/RW itu 33.139. Pelaporan-pelaporan yang dilakukan menumpuk dalam kenyataannya,”

Dan pada tahun 2018 nanti, Anies membuat mekanisme baru sehingga RT/RW langsung melaporkan pertanggungjawaban penggunaan dana kepada warga di lingkungannya dan laporannya ditembuskan ke kelurahan.

Pertanggungjawaban itu dilaporkan sekurang-kurangnya setiap 6 bulan dalam forum musyawarah RT/RW.

“Kami ingin pertanggungjawaban itu disampaikan kepada orang-orang yang memang memilih mereka. Toh kegiatannya adalah kegiatan di kampung. RT/RW bukan ditunjuk oleh Pemprov, tapi mereka hasil pilihan warga,” kata Anies.

Anies menjelaskan, dana yang diterima RT/RW bukan hanya berasal dari Pemprov DKI Jakarta. Ada pula sumber dana lain yang harus dicatat dalam buku keuangan, salah satunya dari swadaya masyarakat.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Program OK Otrip Hanya Bisa Menggunakan Kartu Khusus

Program OK Otrip Hanya Bisa Menggunakan Kartu Khusus

Jakarta – Budi Kaliwono selaku Direktur Utama PT Transjakarta kali ini sudah memberikan pernyataan terkait ...