Home > Olahraga > Balap > FIA Akhirnya Keluarkan Jadwal Resmi F1 2018

FIA Akhirnya Keluarkan Jadwal Resmi F1 2018

Paris – Federasi Automotif Internasional (FIA) telah mengonfirmasi kalender Formula One (F1) untuk musim 2018. Hasil tersebut resmi dirilis menyusul berakhirnya pertemuan Dewan Motorsport Dunia yang berlangsung di Paris, Selasa 5 Desember 2017. Berbeda dari musim sebelumnya, F1 2018 akan mengadakan 21 seri balapan.

FIA Akhirnya Keluarkan Jadwal Resmi F1 2018

Formula 1

Seperti yang diumumkan sebelumnya, jadwal tersebut menampilkan tiga poin utama yang kemudian menjadi sorotan. Dua di antaranya adalah Prancis dan Jerman yang menjadi pendatang baru di kalender F1 2018. Sementara satu lagi adalah Malaysia yang keluar dari jajaran negara penyelenggara.

Satu-satunya perubahan dari kalender sementara dengan yang terbaru adalah pertukaran tanggal antara GP China dan Bahrain. Pada kalender sementara, Sirkuit Sakhir merupakan seri ketiga di F1, tapi sekarang menjadi kedua. Begitu pun sebaliknya dengan Sirkuit Shanghai yang menjadi seri ketiga.

Seri pembuka F1 2018 akan kembali diadakan di Sirkuit Melbourne, Australia. Seri pertama itu akan berlangsung pada 25 Maret 2018, dan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab akan menjadi penutup rangkaian F1 pada 25 November 2018.

Sementara itu GP Azerbaijan yang dilangsungkan di Sirkuit Baku akan digelar dua bulan lebih cepat dibandingkan sebelumnya, yakni pada 29 April. Sedangkan GP Rusia di Sirkui Sochi telah mengalami perpindahan jadwal ke akhir September, setelah tampil menjadi seri keempat pada musim ini.

Selain itu, pokok pembicaraan utama mengenai kalender tersebut adalah beruntunnya seri F1 yang dilangsungkan dari 24 Juni – 29 Juli 2018. Tercatat ada lima gelaran F1 yang tersaji selama hampir lebih sebulan tersebut. Kelima seri tersebut berlangsung di GP Prancis, Austria, Inggris, Jerman dan Hungaria.

Selain itu pada pembicaraan tersebut FIA juga mengonfirmasi telah memodifikasi sistem penalti grid yang sempat menuai kritikan. Pasalnya pada musim 2017, banyak pembalap yang akhirnya menjalani hukuman karena peraturan tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Alonso Berharap Renault Bisa Dongkrak Performa McLaren

Alonso Berharap Renault Bisa Dongkrak Performa McLaren

Woking – Pembalap McLaren, Fernando Alonso, berharap timnya dapat segera bangkit dari keterpurukan yang dialaminya ...