Home > Ragam Berita > Internasional > Inggris Menolak Akui Yerusalem Sebagai Ibukota Israel

Inggris Menolak Akui Yerusalem Sebagai Ibukota Israel

London – Theresa May selaku Perdana Menteri Inggris akhirnya ikut angkat bicara dengan mengatakan bahwa pihaknya mengecam keputusan Presiden Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Inggris Menolak Akui Yerusalem Sebagai Ibukota Israel

Metro.co.uk kali ini mengabarkan bahwa May mengatakan jika “Kami tidak setuju dengan keputusan AS untuk memindahkan Kedubes ke Yerusalem dan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel sebelum kesepakatan terkait status akhir,”

“Kami percaya bahwa itu tidak membantu prospek perdamaian di kawasan. Kedubes Inggris di Israel berkedudukan di Tel Aviv dan kami tidak punya rencana untuk memindahkannya.” lanjutnya.

“Posisi kami terkait status Yerusalem sudah jelas dan berjalan lama: bahwa status harus ditentukan dalam penyelesaian yang dinegosiasikan antara Israel dan Palestina, dan Yerusalem pada akhirnya harus menjadi ibu kota negara bersama Israel dan Palestina,” ungkap May.

Ia menambahkan, “Sejalan dengan resolusi DK PBB, kami menganggap bahwa Yerusalem Timur sebagai bagian dari wilayah Palestina yang diduduki”.

“Kami berbagi keinginan yang sama dengan Presiden Trump untuk mengakhiri konflik. Kami menyambut baik komitmennya atas solusi dua negara, dan mencatat pentingnya pengakuan (Trump) bahwa status terakhir Yerusalem, termasuk batas-batas kedaulatan di dalam kota, harus tunduk pada negosiasi,” tutur May.

“Kami mendorong pemerintah AS untuk mengajukan proposal rincian penyelesaian konflik Israel-Palestina. Untuk mendapatkan peluang kesuksesan terbaik, proses perdamaian harus dilakukan di atmosfer yang bebas dari kekerasan. Kami mengajak seluruh pihak untuk bekerja sama menjaga ketenangan.”

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Proyek Reaktor Nuklir Pertama Arab Saudi Siap Dirilis

Proyek Reaktor Nuklir Pertama Arab Saudi Siap Dirilis

Riyadh – Putra Mahkota Mohammed bin Salman meluncurkan proyek reaktor nuklir pertama di Arab Saudi. ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135