Home > Ragam Berita > Nasional > Pemprov DKI Telah Siapkan Vaksin Difteri

Pemprov DKI Telah Siapkan Vaksin Difteri

Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan 2,9 juta vaksin difteri untuk seluruh wilayah Ibu Kota. Sebanyak 1,2 juta vaksin didapat dari bantuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan dimulai pada Senin (11/12) untuk warga Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Pemprov DKI Telah Siapkan Vaksin Difteri

“Hasil koordinasi Kemenkes diputuskan untuk melakukan di Jakarta Barat dan Jakarta Utara dengan menyiapkan 1,2 juta vaksin untuk 1,2 juta orang usia 2-19 tahun,” kata Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota pada Jumat (8/12/2017).

Keputusan pemberlakuan di dua daerah itu lantaran banyaknya difteri yang menyerang warga Kabupaten Tangerang. Jakarta Utara dan Jakarta Barat yang berbatasan langsung dengan Tangerang memang menjadi prioritas. Sehingga bantuan dari Kemenkes akan langsung diperuntukkan bagi dua daerah itu.

Anies mengatakan, vaksinasi difteri tidak cukup kalau hanya menjangkau Jakarta Utara dan Jakarta Barat meski di dua lokasi itu ditemukan ada kasus. Dia memutuskan untuk melakukan vaksinasi di seluruh Jakarta termasuk Jakarta Timur, Selatan, Pusat dan Kepulauan Seribu.

Kebutuhan vaksin untuk semua wilayah itu sebanyak 2,9 juta vaksin. Maka, kata dia, kekurangan 1,7 juta akan dibeli oleh Pemprov DKI sendiri. “Kita akan carikan dananya dan ini penting untuk bisa mendapatkan vaksin sisanya,” ujar dia.

Anies mengatakan, warga terjangkit difteri di DKI meningkat dari 17 kasus di tahun lalu menjadi 25 kasus di tahun ini. Saat ini ada delapan pasien sedang dirawat di RS Sulianti Saroso. Tahun lalu, kata dia, ada saru korban jiwa dan tahun ini korban meninggal terjangkit difteri sebanyak dua orang.

“Kita semua berharap ini bisa tertangani dengan baik, jadi Pemprov DKI merencanakan untuk melakukan vaksinasi direncanakan masif,” ujar dia. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Presiden Jokowi Meminta Agar Rest Area Jalan Tol Jangan Diisi Dengan Merek-Merek Asing

Presiden Jokowi Minta Agar Rest Area Jalan Tol Jangan Diisi Dengan Merek-Merek Asing

Jakarta – Pada Minggu, (15/7/2018), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas jalan tol Solo-Sragen di ...