Home > Ragam Berita > Nasional > Gunung Agung Semburkan Asap Putih dan Abu

Gunung Agung Semburkan Asap Putih dan Abu

Gianyar – Gunung Agung masih terus mengeluarkan embusan asap dua warna, yaitu putih dan kelabu. Embusan asap berwarna kelabu tersebut disertai abu vulkanik meski intensitasnya tidaklah signifikan.

Gunung Agung Semburkan Asap Putih dan Abu

“Abu (vulkanik) tidak terlalu banyak, dan arah penyebaran cepat jatuh dekat puncak,” kata Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana di Pos Pengamatan, Karangasem, Kamis, 7 Desember 2017.

Menurut dia, meskipun secara pengamatan visual Gunung Agung tampak tenang tetapi aktivitasnya masih tinggi. “Kalau masih ada terekam kegempaan vulkanik, artinya masih ada proses peretakan batuan dalam tubuh Gunung Agung. Kalau misalnya intrupsi magma masih ada, artinya di dalam tubuh gunung ini masih kelebihan tekanan, dan itu harus dikeluarkan,” ujarnya. Aktivitas kegempaan low frequency Gunung Agung masih dominan.

Ia menambahkan, asap putih dan kelabu yang muncul itu berasal dari sumber berbeda. Embusan yang berwarna kelabu muncul dari tengah kawah. Sedangkan, asap yang berwarna putih dari sisi kawah.

Baca juga: KPK Berharap Praperadilan Setnov Digugurkan Hakim

“Material berbeda, kalau tengah ada abunya, karena memang saat ini di permukaan sudah menumpuk lebih dari 20 juta meter kubik lava,” katanya.

Dia menjelaskan ketika terjadi pelepasan gas SO2, maka gas itu harus menembus lapisan lava. Kemudian, ketika gas SO2 keluar, abu vulkanik juga akan terlontar. “Warna lebih banyak konten putih,” tuturnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Di Depan IKA PMII, Jokowi Lontarkan Pujian Untuk Cak Imin

Di Depan IKA PMII, Jokowi Lontarkan Pujian Untuk Cak Imin

Jakarta – Munas VI Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) yang dilaksanakan hari ...