Home > Ragam Berita > Internasional > Ratusan Warga Palestina Protes Pernyataan Trump

Ratusan Warga Palestina Protes Pernyataan Trump

Palestina – Ratusan warga Palestina terus berkumpul di sekitar Gerbang Damaskus, Yerusalem, hingga Jumat (8/12/2017) siang ini. Mereka menyuarakan protes terkait keputusan sepihak Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Ratusan Warga Palestina Protes Pernyataan Trump

Sebagaimana diberitakan The Jerusalem Post pada Jumat (8/12/2017), beberapa dari mereka meneriakkan yel-yel, seperti “jiwa dan raga kami untuk kebebasan Masjid al-Aqsa!”, “Jutaan syahid menuju Yerusalem”, “Trump, saksikanlah Palestina pasti merdeka”, serta “Yerusalem ibu kota kami”.

Seorang peserta aksi, Daud Abu Libdeh, mengecam AS sebagai negara yang sok kuasa. “Memangnya, siapa itu Trump, sok kuasa menentukan masa depan kami? Hanya kami, rakyat (Palestina) yang telah lama tinggal di sini. Ratusan tahun lamanya kami menetap di sini (Yerusalem). Kami-lah yang berhak menentukan keputusan,” ujar Abu Libdeh.

Dia menambahkan, klaim Trump bahwa Yerusalem merupakan milik Israel jelas-jelas memupuskan jalan negosiasi damai. Seperti diketahui, dunia internasional kerap mengupayakan solusi dua-negara untuk meredakan konflik Palestina-Israel. Dengan itu, kedua belah pihak diharapkan dapat hidup berdampingan sebagai negara yang sama-sama berdaulat dan merdeka.

Sejak 25 tahun terakhir, AS berperan sebagai mediator untuk ikut menjembatani upaya perdamaian Palestina-Israel. Namun, Abu Libdeh menegaskan, kini peran Negeri Paman Sam tidak bisa lagi dipercaya.

Betapa bodohnya kami bila menuruti begitu saja Amerika Serikat sebagai satu-satunya pihak yang dapat mengatasi konflik. Pemerintah AS sendiri (Trump) yang mendorong kami, rakyat Palestina, untuk tidak lagi memercayainya, kata aktivis politik itu.

Dia menambahkan, ada kemungkinan perjuangan bersenjata, intifadah, lahir kembali sebagai respons atas sikap jumawa Amerika Serikat. “Besok, (aksi massa) ini akan lebih besar,” ucap dia. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Iran Tak Izinkan Sekolah Gunakan Medsos Asing

Iran Tak Izinkan Sekolah Gunakan Medsos Asing

Teheran – Lantaran adanya pembatasan platform online dari luar Iran, Kementerian Pendidikan Iran memutuskan untuk ...