Home > Ragam Berita > Internasional > Putin dan Erdogan Nilai Pernyataan Trump Berdampak Negatif di Timur Tengah

Putin dan Erdogan Nilai Pernyataan Trump Berdampak Negatif di Timur Tengah

Istanbul – Presiden Turki, Tayyip Erdogan, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, bersepakat bahwa keputusan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, tentang status Yerusalem berdampak negatif terhadap perdamaian dan stabilitas kawasan Timur Tengah.

Putin dan Erdogan Nilai Pernyataan Trump Berdampak Negatif di Timur Tengah

Sebagaimana diberitakan Reuters pada Jumat (8/12/2017), kesepakatan itu dicapai lewat percakapan telepon pada Kamis, 7 Desember 2017. “Presiden Erdogan dan Putin menekankan langkah terakhir pemerintah Amerika Serikat akan berdampak negatif pada perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah,” kata seorang sumber dari kantor kepresidenan Turki.

Percakapan telepon ini terjadi sehari setelah Donald Trump mengumumkan Amerika Serikat mengakui Kota Yerusalem sebagai ibukota Israel, dan keputusan untuk memindahkan Kedutaan Besar dari Tel Aviv ke Yerusalem meskipun mendapat tentangan internasional yang luas.

Kota Yerusalem tetap menjadi inti konflik Israel-Palestina, dengan orang-orang Palestina berharap Yerusalem Timur – yang sekarang diduduki oleh Israel – dapat menjadi ibu kota negara Palestina masa depan.

Menjelang pemilihannya tahun lalu, Trump berulang kali berjanji untuk merelokasi Kedutaan Besar Amerika Serikat ke Yerusalem.

Sebelumnya pada Kamis, sumber-sumber kepresidenan Turki mengatakan Erdogan dan Paus Fransiskus telah sepakat bahwa setiap usaha untuk mengubah status Yerusalem harus dihindari. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Memilukan, Anak Gajah Ini Enggan Beranjak Dari Jasad Induknya

Memilukan, Anak Gajah Ini Enggan Beranjak Dari Jasad Induknya

Uttarakhand – Sebuah video beredar berisikan seekor anak gajah yang ditinggal mati induknya di sebuah ...