Home > Ragam Berita > Nasional > Disiarkan Oleh Televisi, Jokowi Marahi Menteri Soal Anggaran

Disiarkan Oleh Televisi, Jokowi Marahi Menteri Soal Anggaran

Jakarta – Jokowi memang seorang Presiden yang suka bercanda, namun tidak jika ada menteri atau kementrian yang dianggapnya melakukan kesalahan apalagi mengenai anggaran biaya yang diajukan kepadanya.

Disiarkan Oleh Televisi, Jokowi Marahi Menteri Soal Anggaran

Disiarkan Oleh Televisi, Jokowi Marahi Menteri Soal Anggaran

Pada beberapa waktu yang lalu Jokowi di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2018. Di situlah Jokowi marah-marah kepada Menteri soal anggaran yang diajukan, padahal kegiatan tersebut disiarkan oleh televisi.

Kemarahan Jokowi tersebut dikarenakan banyaknya anggaran yang berada di kegiatan pendukung bukan pada kegiatan inti yang seharusnya dilakukan. Jokowi menyayangkan banyak alokasi anggaran untuk kegiatan pendukung mencapai 90% tapi kegiatan inti hanya 10%.

Baca juga : Jokowi Klaim Perekonomian Indonesia Membaik Dibanding 3 Tahun Lalu

“Yang terjadi adalah penyusunan RKA DKL maupun Dinas, biasanya malah fokus pada kegiatan pendukungnya bukan intinya”

Lantas Jokowi memberikan contoh permasalahan tersebut pada Kementrian Ketenagakerjaan. Beliau sangat kecewa dari anggaran sebesar 300 miliar hanya 500 juta untuk kegiatan pemulangan TKI dan selebihnya sebesar 2,5 Miliar dianggarkan ke dalam kegiatan pendukung seperti rapat dalam dan luar kantor, perjalanan daerah, ATK dan lain-lain.

“Saya ambil contoh dari Pak Menanker”

“Contohnya, (kegiatan inti) pemulangan TKI (Tenaga Kerja Indonesia) cek anggarannya 3 Miliar”

“Biaya pemulanggan (TKI) 500 juta”

“Yang 2,5 Miliar, justru yang 2,5 Miliar ini untuk rapat dalam kantor, rapat luar kantor, rapat koordinasi, perjalanan daerah, ATK, dan lain-lain”

Jokowi berharap kepada semua Kementrian untuk bisa menyesuaikan dan menghentikan model anggaran yang dinilai tidak mengena pada sasaran dan hanya menguntungkan sebagian pihak saja.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

PDIP Anggap Aneh Pernyataan Prabowo Soal Negara Dipimpin Dengan Cara Ugal-ugalan

PDIP Anggap Aneh Pernyataan Prabowo Soal Negara Dipimpin Dengan Cara Ugal-ugalan

Jakarta – Tak hanya Abdul Kadir Karding, kali ini Hasto Kristiyanto juga merespon kritikan Prabowo ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135