Home > Ragam Berita > Nasional > Dinilai Janggal, Anies Rombak Delapan Pergub

Dinilai Janggal, Anies Rombak Delapan Pergub

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada delapan peraturan gubernur (pergub) yang dikeluarkan mantan gubernur Djarot Saiful Hidayat di akhir masa jabatan. Dia mengatakan akan merombak pergub-pergub tersebut karena dianggap banyak yang janggal.

Dinilai Janggal, Anies Rombak Delapan Pergub

“Di hari-hari terakhir (Djarot menjabat) ada delapan pergub yang dikeluarkan pemerintahan sebelumnnya. Jadi ini membuat kami akan me-review semua pergub, semua perda yang dikeluarkan pada periode akhir-akhir masa jabatan pemerintahan kemarin, mau tidak mau,” kata dia di Balai Kota, Selasa (12/12).

Salah satu kejanggalan yang terjadi adalah terkait dana bantuan partai politik. Anies menuding Djarot sebagai pangkal munculnya besaran dana bantuan partai politik sebesar Rp 4.000 di APBD 2018. Dia mengaku memberi arahan ke bawahannya untuk menyamakan dana bantuan parpol di APBD 2018 seperti di anggaran tahun sebelumnya.

Anies mengklaim kaget setelah tahu bahwa dana bantuan parpol naik dari Rp 400 menjadui Rp 4.000. Dia menyebut kenaikan itu terjadi pada 2 Oktober 2017 pada saat penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2017. Saat itu, dia mengatakan, angka bantuan belanja keuangan parpol naik dari angka Rp 1,8 miliar menjadi Rp 17,7 miliar.

Baca juga: Tito Karnavian Tegaskan Berita Kematian Bahrun Naim Merupakan Hoaks

“Ketika saya cek ternyata kenaikan itu terjadi pada APBDP (2017) yang ditetapkan tanggal 2 Oktober 2017 dan diundangkan tanggal 13 Oktober 2017. Jadi di minggu terakhir dilakukan penetapan bantuan dana partai politik yang angkanya 10 kali lipat lebih tinggi,” ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Adik Prabowo Datang Ke Balaikota Bicarakan Perayaan Natal

Adik Prabowo Datang Ke Balaikota Bicarakan Perayaan Natal

Jakarta – Kemarin Hashim Djojohadikusumo atau adik Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, terlihat mengunjungi Balai ...