Home > Ragam Berita > Nasional > Aburizal Bakrie Berikan Dukungan kepada Aziz untuk Jadi Ketua DPR

Aburizal Bakrie Berikan Dukungan kepada Aziz untuk Jadi Ketua DPR

Jakarta – Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie rupanya mendukung langkah Setya Novanto menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai Ketua DPR. Penunjukan Aziz ini sejalan dengan mundurnya Setya dari jabatan Ketua DPR sejak 4 Desember lalu yang dibacakan dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada Senin (4/12/2017).

Aburizal Bakrie Berikan Dukungan kepada Aziz untuk Jadi Ketua DPR

Aburizal Bakrie

Dalam salinan surat nomor K-14 Dewan Pembina Golkar yang salinannya diperoleh Tempo, Ical, sapaan Aburizal merinci alasannya mendukung Aziz. Di warkat itu, tertulis alasan Ical mendukung pemberhentian Setya dan pergantiannya dengan Aziz sebagai Ketua DPR karena ada dua surat dari DPP Golkar.

Pertama adalah surat dengan Nomor B-1484 tentang penyampaian keputusan DPP Golkar kepada Dewan Pembina. Kedua adalah surat keputusan DPP Golkar dengan nomor 262 tentang pemberhentian Setya dan penunjukan Aziz.

Selain itu, Ical juga menjelaskan dasar hukum yang menyebut posisi Dewan Pembina Golkar berhak ikut menentukan kebijakan partai yang bersifat strategis, termasuk penetapan pimpinan lembaga negara.Yakni, Pasal 25 Anggaran Dasar Partai Golkar tentang peran Dewan Pembina.

Baca juga: Djarot Bungkam saat Diminta Klarifikasi Kenaikan Dana Parpol

Pasal 21 ayat 1 dan 2 mengenai Anggaran Rumah Tangga Partai Golkar tentang penetapan kebijakan strategis. “Maka dengan ini, Dewan Pembina mendukung pemberhentian dan penggantian Ketua DPR dari Setya kepada Aziz,” ujarnya. Surat ini diteken Ical pada 8 Desember 2017.

Sekretaris Fraksi Partai Hanura Dadang Rusdiana mengatakan surat dari Ical ini sempat dibacakan dalam Bamus. Namun, kata dia, karena ada perbedaan pendapat di internal Golkar, penunjukan Aziz sebagai Ketua DPR tidak bisa berjalan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Begini Tanggapan Kubu Prabowo Soal Video Pramuka Teriak 2019GantiPresiden

Begini Tanggapan Kubu Prabowo Soal Video Pramuka Teriak 2019GantiPresiden

Jakarta – Viralnya video mengenai kampanye yang ikur seret sejumlah siswa kali ini direspon tim ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135