Home > Olahraga > Balap > Todt Nilai Regulasi Mesin F1 Musim 2021 Bakal Hilangkan Ciri Khas Ferrari

Todt Nilai Regulasi Mesin F1 Musim 2021 Bakal Hilangkan Ciri Khas Ferrari

Paris – Presiden Federasi Internasional Automotive (FIA), Jean Todt, menegaskan sangat tidak adil bagi para produsen mobil Formula One (F1) dengan adanya regulasi mesin yang akan diterapkan dalam balapan musim 2021.

Todt Nilai Regulasi Mesin F1 Musim 2021 Bakal Hilangkan Ciri Khas Ferrari

Sebelumnya, FIA berencana untuk membuat sebuah aturan mesin yang lebih hemat biaya dan lebih nyaring untuk menjamu F1 diluar musim 2020. Hal tersebut mereka lakukan dengan upaya menarik minat para produsen mesin untuk bergabung dalam olahraga.

Namun rencana yang dicanangkan FIA tersebut rupanya mendapatkan banyak kritikan dari para produsen mesin yang ikut serta dalam kompetisi F1. Tim yang paling gencar menyuarakan poenolakannnya terhadap regulasi mesin tersebut adalah Ferrari.

Mereka bahkan tak segan untuk keluar dari olahraga jika FIA benar-benar menerapkan regulasi tersebut pada musim 2021. Mereka mengaku tidak ingin menghilangkan DNA yang telah menjadi ciri khas Ferrari di F1.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Mercedes yang sama-sama menentang keputusan tersebut. Tim berjuluk The Silver Arrow tersebut mengaku dirugikan dengan adanya peraturan tersebut, pasalnya mereka akan mendapatkan keuntungan yang kecil dari konsumennya, sementara mereka akan menanggung beban untuk menyediakan mesin kepada para pelanggan termasuk menyiapkan mesin balap untuk tim mereka sendiri.

“Apa yang saya rasa tidak adil adalah meremehkan pemasok mesin yang ada. Anda harus mendengarkan para tim yang mungkin akan berpikir untuk masa yang akan datang,” ungkap Todt, sebagaimana diberitakan Motorsport, Selasa (12/12/2017).

“Bagi saya, penting mengingat situasi yang ada untuk melihat evolusi mesin yang terbaik untuk masa depan. Namun untuk menghormati investasi, Anda harus menghormati investasi yang telah ada selama ini,” tambahnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Keanon Santoso Dipastikan Mengaspal di F4 Asia Formula Renault 2018

Keanon Santoso Dipastikan Mengaspal di F4 Asia Formula Renault 2018

Jakarta – Pembalap muda yang sudah berkibar di dunia karting, Keanon Santoso, akan turun di ...