Home > Ragam Berita > Internasional > Kedutaan Amerika Serikat di Tel Aviv Diisukan Bakal Dipindahkan ke Yerusalem

Kedutaan Amerika Serikat di Tel Aviv Diisukan Bakal Dipindahkan ke Yerusalem

Washington – Kantor kedutaan besar Amerika Serikat akan pindah dari Tel Aviv ke Yerusalem membutuhkan waktu sedikitnya tiga tahun. Keterangan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Rex Tillerson.

Kedutaan Amerika Serikat di Tel Aviv Diisukan Bakal Dipindahkan ke Yerusalem

Sebagaimana diberitakan Middle East Monitor pada Kamis (14/12/2017), Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan keputusan kontroversial Rabu pekan lalu yang menyatakan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan akan memindahkan kedutaannya. Pernyataan Trump tersebut menuai protes dari negara-negara Arab dan muslim.

Tillerson mengatakan kepada media, pemindahan kedutaan besar kemungkinan membutuhkan waktu sedikitnya tiga tahun. Tetapi bisa jadi lebih lama.

“Ini bukanlah sesuatu yang mudah terjadi,” ujarnya dalam sebuah pidato di Kementerian Luar Negeri. “Yang jelas, untuk memindahkan kedutaan besar membutuhkan waktu tidak kurang dari tiga tahun.”

Pernyataan Tillerson itu dilontarkan kepada wartawan ketika acara jumpa pers di kantor Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat.

Tillerson pernah mengatakan bahwa tidak mudah memindahkan kantor kedutaan besar Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, misalnya lokasi, perencanaan pembangunan, dan koordinasi dengan otoritas setempat. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

AS dan Sekutunya Hujani Syria Dengan Rudal, Putin Mengutuk

AS dan Sekutunya Hujani Syria Dengan Rudal, Putin Mengutuk

Moskow – Vladimir Putin kali ini angkat suara dengan mengutuk kiriman rudal kepada Syria yang ...