Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Imbau Pemprov Jakarta Segera Tanggulangi Masalah Banjir

Jokowi Imbau Pemprov Jakarta Segera Tanggulangi Masalah Banjir

Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yang dipimpin Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno, segera mengerjakan upaya-upaya pencegahan banjir.

Jokowi Imbau Pemprov Jakarta Segera Tanggulangi Masalah Banjir

“Kami harapkan juga pemerintah provinsi ini mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan banjir itu, drainase di kampung-kampung semuanya harus dibersihkan,” kata Jokowi saat meninjau pembangunan Waduk Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017).

Selain itu, presiden mengatakan aliran sungai-sungai di Jakarta perlu dibersihkan dan dipelihara. Hal ketiga yang dijelaskan oleh Jokowi yaitu Pemprov DKI perlu melakukan pemeliharaan waduk-waduk tempat penampung air di Ibu Kota.

“Plus kalau bisa tambah waduk-waduk di Jakarta. Itu sudah akan sangat mengurangi. Jadi Waduk Sunter, Waduk Pluit, Waduk Melati, Waduk Setiabudi semuanya harus dikerjakan, dibersihkan terus,” tuturnya.

Baca juga: Bupati Nganjuk Ditetapkan sebagai Tersangka Dalam Kasus Suap

Kemudian, sodetan yang menghubungkan Sungai Ciliwung dengan Kanal Banjir Timur yang diharapkan segera selesai juga dapat mengatasi banjir di Jakarta.

Presiden meninjau pembangunan Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi di Kabupaten Bogor sebagai upaya penanggulangan bencana banjir di Jakarta dari wilayah hulu.

Upaya tersebut, jelas Jokowi, dapat mengurangi laju debit air yang masuk ke Jakarta sebesar 30 persen. “Pusat mengerjakan, pemerintah provinsi mengerjakan. Semuanya harus kerja, semuanya konsisten mengerjakan itu, Insya Allah akan menyelesaikan banyak persoalan banjir di Jakarta,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Fadli Zon Menyebut Dirinya Banyak Dimintai Kaos 2019 Ganti Presiden

Fadli Zon Menyebut Dirinya Banyak Dimintai Kaos 2019 Ganti Presiden

Jakarta – Melalui akun twitternya, kali ini Fadli Zon mengungkapkan bahwa dirinya sering dimintai kaos ...