Home > Ragam Berita > Nasional > Terkait Aksi Bela Palestina, Wiranto Tegaskan Bakal Beri Dukungan kepada MUI

Terkait Aksi Bela Palestina, Wiranto Tegaskan Bakal Beri Dukungan kepada MUI

Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan pemerintah mendukung rencana Aksi Bela Palestina yang digagas Majelis Ulama Indonesia. Menurut dia, aksi tersebut adalah hak setiap warga negara.

Terkait Aksi Bela Palestina, Wiranto Tegaskan Bakal Beri Dukungan kepada MUI

“Silakan, itu luapan perasaan solidaritas terhadap bangsa Palestina yang sampai sekarang nasibnya masih sangat menyedihkan,” ucap Wiranto di kantornya di Jakarta Pusat pada Jumat (15/12/2017).

Meski demikian, Wiranto memperingatkan agar peserta aksi tersebut tidak merusak, melanggar hukum, dan menyulut kerusuhan. “Demonstrasi yang dilakukan kan juga mendukung kebijakan pemerintah Indonesia,” ujar Wiranto. “Silakan, tapi jangan merusak.”

Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan memimpin aksi solidaritas untuk Palestina di Monumen Nasional pada Ahad, 17 Desember 2017. Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin menuturkan aksi ini digelar sebagai bentuk penolakan terhadap kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang akan memindahkan kantor Kedutaan Besar Amerika ke Yerusalem.

Baca juga: Jokowi Imbau Pemprov Jakarta Segera Tanggulangi Masalah Banjir

MUI menolak kebijakan tersebut karena Indonesia menentang segala bentuk penjajahan. Menurut Ma’ruf, kebijakan Amerika itu bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan, sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945.

Ma’ruf menyatakan Aksi Bela Palestina itu akan diikuti berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas), tokoh lintas agama, diplomat, serta seluruh masyarakat. Pengakuan Amerika atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel, kata dia, bukanlah persoalan agama, melainkan bentuk penjajahan yang sistematis terhadap Palestina. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

PKS-Demokrat Jajaki Kemungkinan Poros Ketiga, Bagaimana Nasib Gerindra?

PKS-Demokrat Jajaki Kemungkinan Poros Ketiga, Bagaimana Nasib Gerindra?

Jakarta – Perihal poros ketiga dalam Pilpres nanti, ternyata Partai Demokrat dan PKS sudah memprediksi ...