Home > Ragam Berita > Internasional > Turki Dikabarkan Bakal Tempatkan Kedubes di Yerusalem Timur

Turki Dikabarkan Bakal Tempatkan Kedubes di Yerusalem Timur

Istanbul – Turki berencana membuka kantor kedutaan besar (Kedubes) Turki untuk Palestina di Yerussalem Timur. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pengakuan atas kemerdekaan negara Palestina.

Turki Dikabarkan Bakal Tempatkan Kedubes di Yerusalem Timur

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menegaskan, Pemerintahan Turki memiliki tekad serius untuk membuka kantor kedubes di Yerusalem Timur. Turki pun mendorong agar negara-negara lain turut mengakui Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina.

“Kita harus berhasil dalam hal ini. Begitu kita berhasil, kami akan membuka kantor kedubes di Ibu Kota negara Palestina merdeka, yaitu Yerusalem Timur,” kata Cavusoglu sebagaimana diberitakan The New Arab atau Al-Araby Al-Jadeed pada Minggu (17/12/2017).

Selain itu, Perdana Menteri Turki Binali Yildrim mengungkapkan, saat ini konsulat Turki di Yerusalem telah bertindak sebagai kedutaan besarnya di Palestina. “Tidak ada negara selain Turki yang telah membuka misi untuk Palestina di tingkat kedutaan,” kata Yildrim.

Turki menjadi salahsatu negara yang paling vokal mengkritik keputusan Presiden AS Donald Trump bahwa Yerusalem adalah Ibu Kota Israel. Yildrim menegaskan, kebijakan Trump itu ditengarai tidak sesuai dengan kesepakatan-kesepakatan yang sebelumnya telah dibuat. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

AS Ancam Mengurangi Dana Bantuan Bagi Negara-Negara Yang Tidak Setuju Soal Yerusalem

AS Ancam Mengurangi Dana Bantuan Bagi Negara-Negara Yang Tidak Setuju Soal Yerusalem

Washington DC – Presiden Amerika Serikat Donald Trump langsung mengambil sikap dengan mengancam negara-negara yang ...