Home > Ragam Berita > Nasional > Menlu Tegaskan Isu Palestina Menjadi Kepentingan Semua Negara

Menlu Tegaskan Isu Palestina Menjadi Kepentingan Semua Negara

Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menegaskan bahwa berbagai permasalahan Palestina bukanlah persoalan agama, dan pembelaan terhadap bangsa itu bukan hanya kepentingan Indonesia.

Menlu Tegaskan Isu Palestina Menjadi Kepentingan Semua Negara

Menlu Retno Marsudi

“Isu Palestina bukan isu agama. Ini bukan hanya kepentingan Indonesia untuk membela Palestina, melainkan kepentingan semua negara di dunia,” kata Menlu Retno Marsudi di Gedung Wisma Antara, Jakarta, Senin (18/12/2017).

Menurut Retno, berbagai upaya untuk membela Palestina dalam memperjuangkan hak dan kemerdekaannya merupakan kepentingan semua negara dan pemangku kepentingan di arena internasional. Hal itu, kata dia, untuk menunjukkan pentingnya keadilan dan kemanusiaan di dunia.

Indonesia bersama dengan negara-negara anggota Organisasi Kerja sama Islam (OKI) lainnya mengecam tindakan pemerintah Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan berencana memindahkan Kedutaan Besar AS di Tel Aviv ke Yerusalem.

Sebelumnya Presiden Donald Trump, Rabu (6/12) tiba-tiba membalikkan kebijakan yang telah dianut Amerika Serikat selama berpuluh-puluh tahun, dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Baca juga: Pakar Hukum Pidana Berikan Komentar Terkait Remisi Ahok

Terkait hal itu, pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya diplomasi untuk menggalang dukungan internasional untuk membela hak-hak rakyat Palestina.

“Salah satunya saya pergi ke Brussels, Belgia untuk bertemu dengan Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Federica Mogherini. Saya menerima informasi dari Mogherini bahwa Uni Eropa juga mengambi posisi yang sama (dengan Indonesia,red) terkait isu Palestina,” ujar Menlu Retno. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Habib Novel Tolak Pencalonan Djarot di Pilkada Sumut

Habib Novel Tolak Pencalonan Djarot di Pilkada Sumut

Jakarta – Kabar mengenai Djarot Saiful Yusuf yang akan maju di Pilkada Sumut ternyata langsung ...