Home > Ragam Berita > Nasional > Anies Ingin Buat Program Khusus Terkait Pengelolaan Sampah

Anies Ingin Buat Program Khusus Terkait Pengelolaan Sampah

Jakarta – Anies Baswedan kali ini mengatakan bahwa persoalan sampah tidak bisa hanya diselesaikan di hilir atau tempat pembuangan akhir. Persoalan yang lebih penting justru penyelesaian di hulu atau sejak sampah dibuang dari rumah tangga.

Anies Ingin Buat Program Khusus Terkait Pengelolaan Sampah

Saat ditemui di gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dirinya mengatakan bahwa “Ke depan memang kita tidak bisa menyelesaikan hanya di hilir, ke depan kita ingin membangunnya itu dari kebiasaan warga,”

Dirinya memiliki penilaian bahwa secara sederhana pengelolaan sampah yang dimulai dari pemilihan barang yang digunakan akan sangat menentukan. Jika persoalan sampah di hulu ini dibenahi, masalah di hilir akan menjadi berkurang.

“Nanti kita akan siapkan program khusus, terkait pengelolaan sampah di tiap wilayah-wilayah. Tapi itu sesudah semua siap. Kita ingin dari hulu ke hilir,” ujarnya.

Sedangkan saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terkait pengelolaan sampah. Nantinya BPPT akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Bantargebang, Kota Bekasi, yang dikelola Pemprov DKI.

Bukan lagi sebuah berita baru bahwa DKI Jakarta memroduksi sampah per hari sebanyak 7.000 ton. Penerapan PLTSa ini harus memfokuskan pada pemutusan suplai sampah, bukan tentang seberapa besar listrik yang dihasilkan.

“Bagi kami akumulasi dapat dihilangkan itu yang terpenting melalui pola pengelolaan yang baik, dan listriknya kami anggap sebagai bonus,” kata Anies.

Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan, PLTSa yang akan dibangun di Bantargebang adalah proyek percontohan. “Ini adalah pilot project, sehari bisa menyerap 50 ton sampah dan listrik yang dihasilkan 400 kilowatt,” kata Unggul.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

PKS-Demokrat Jajaki Kemungkinan Poros Ketiga, Bagaimana Nasib Gerindra?

PKS-Demokrat Jajaki Kemungkinan Poros Ketiga, Bagaimana Nasib Gerindra?

Jakarta – Perihal poros ketiga dalam Pilpres nanti, ternyata Partai Demokrat dan PKS sudah memprediksi ...