Home > Ragam Berita > Internasional > Kelompok Yahudi Ini Menentang Klaim Trump Atas Yerusalem

Kelompok Yahudi Ini Menentang Klaim Trump Atas Yerusalem

Jakarta – Ada sebuah fakta menarik dibalik ramainya perdebatan Palestina-Israel dimana ada salah satu kelompok Yahudi penentang negara zionis. Bernama kelompok Yahudi Neturei Karta, mereka dianggap duri dalam daging. Kelompok ini giat menentang pendudukan Zionis-Israel atas rakyat Palestina.

Kelompok Yahudi Ini Menentang Klaim Trump Atas Yerusalem

Dibeberapa waktu kebelakang, massa Neturei Karta gencar melakukan aksi protes di seluruh dunia atas pengakuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Yerussalem (Al Quds) sebagai Ibu Kota Israel.

Rabi Dovid Felman selaku Presiden Organisasi Naturei sempat berorasi dan berkata “Palestina adalah tempat terburuk bagi orang Yahudi atau Muslim. Semua ini disebabkan oleh penciptaan Zionisme dan pembentukan negara Israel,”

Aktivis kemanusian dari Lembaga Swadaya Masyarakat Medical Emergency Rescue Committee (Mer-C) Joserizal Jurnalis menjelaskan, dalam konteks kekininian, orang Yahudi di Israel umumnya terbagi dua, yakni Yahudi kontra Zionis dan Yahudi pendukung Zionis.

Yahudi yang menolak Zionisme banyak berasal dari kalangan Yahudi Ortodoks yang mengimani kitab Taurat. Penampilannya begitu khas, menggunakan pakaian serba hitam, jambang lebat panjang, berkepang, dan terkadang tanpa kumis.

Joserizal yang banyak bertugas di Gaza ini mengatakan, hubungan Palestina dan warga Israel dari kelompok Yahudi Ortodoks cukup bersahabat. Bahkan, kelompok Yahudi Ortodoks tidak mengakui negara Israel. Mereka menganggap, paham Zionis berseberangan ajaran Yudaisme, agama orang Yahudi.

“Yahudi pro Zionis mempercayai kitab Talmud (Tafsir Taurat). Ajarannya menyebut, orang Yahudi adalah orang pilihan, di luar orang Yahudi dianggap Goyim (Binatang), derajatnya rendah,” kata Yoserizal.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Terdengar Suara Tembakan Senjata Otomatis di Dekat Istana Raja Salman, Percobaan Kudeta?

Terdengar Suara Tembakan Senjata Otomatis di Dekat Istana Raja Salman, Percobaan Kudeta?

Riyadh – Warga Arab Saudi di sekitar kediaman Raja Salman bin Abdulaziz al Saud, dikejutkan ...