Home > Gaya Hidup > Tips > Waspadai Aksi Tipu-tipu Pedagang Motor Bekas

Waspadai Aksi Tipu-tipu Pedagang Motor Bekas

Jakarta – Setiap konsumen tentu memiliki penilaian tersendiri perihal pembelian kendaraan motor baru atau bekas. Dan kali ini semakin banyak pihak yang memilih untuk membeli kendaraan dalam keadaan bekas.

Waspadai Aksi Tipu-tipu Pedagang Motor Bekas

Nah ternyata keputusan untuk membeli motor seken bukanlah tanpa risiko. Ada saja yang dilakukan pedagang agar barang dagangannya tersebut laku di pasaran. Salah satu yang mungkin saja bisa dilakukan adalah memberi oli yang lebih kental.

Salah satu pihak yang mengamati hal ini ialah Rangga Novial selaku Technical Service Analyst Astra Motor Jakarta Jalan Dewi Sartika. Dirinya menilai bahwa saat membeli motor bekas, tak banyak diketahui mengenai kondisi yang ada pada komponen sepeda motor.

Dirinya sempat mengatakan bahwa “Kita enggak tahu saat beli motor bekas itu, komponen masih bagus dan masih asli. Asli pun belum tentu bagus, dan bagus juga belum tentu masih asli,”

“Nah untuk menghindari kondisi bunyi kasar itu dipakailah oli dengan tingkat kekentalan yang lebih tinggi supaya lapisan olinya itu bisa dengan maksimal melumasi komponen-komponen itu,” tuturnya.

Namun dia tak mau berspekulasi apakah cara itu dilakukan oleh semua pedagang motor bekas. Sejauh ini, kata dia, pihaknya belum menerima keluhan dari konsumen perihal masalah tersebut.

“Kami enggak bisa mengatakan bahwa itu terjadi pada oknum pedagang motor bekas nakal karena belum ada kasus kayak begitu. Biasanya itu kayak pedagang sayur, tempatnya di pinggir jalan, nanti ada besok sudah enggak ada. Karena kalau yang ada tempat dia kasih garansi,” ujarnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Beberapa Tips agar Layar Smartphone Mengkilap

Inilah Beberapa Tips agar Layar Smartphone Mengkilap

Jakarta – Sadarkah kamu kalau tak sedikit orang menggenggam smartphone-nya setiap waktu? Ya, berbagai kotoran ...