Home > Ragam Berita > Internasional > Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski Lolos Dari Upaya Mosi Pemakzulan

Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski Lolos Dari Upaya Mosi Pemakzulan

Jakarta – Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski sebelumnhya dikabarkan telah melakukan tindak pidana korupsi, Dirinya dituding telah menerima sogokan Odebrecht sebesar US$ 5 juta. Suap tersebut dikabarkan diterima pada periode 2004 dan 2013.

Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski Lolos Dari Upaya Mosi Pemakzulan

Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski Lolos Dari Upaya Mosi Pemakzulan

Partai oposisi sayap kanan, Kekuatan Populer, yang memegang mayoritas suara di parlemen bertekad mendepaknya dari jabatan presiden. Mosi pemakzulan pun di ajukan ke kongres terhadap Kuczynski yang dituding terlibat skandal korupsi firma konstruksi Odebrecht. Perusahaan asal Brazil itu menjadi perhatian di Amerika Latin setelah mengaku menyuap sejumlah pejabat negara di kawasan tersebut untuk mendapatkan proyek.

Baca juga : 128 Negara Mendukung Resolusi PBB Soal Yerusalem

Namun Pedro Pablo Kuczynski bisa tersenyum lebar karena mosi pemakzulan tersebut gagal untuk mendepak dirinya dari kursi Kepresidenan Peru setelah hanya terkumpul 79 legislator yang mendukung mosi. hal tersebut tidak bisa disepakati karena untuk pelolosan pemakzulan tersebut butuh suara minimal 87 dukungan. Sedangkan 19 anggota menentang, dan 21 sisanya menyatakan abstain.

“Permintaan pemakzulan dengan dasar ketidakmampuan moral yang prinsipal tidak diterima,” ucap Ketua Kongres, Luis Galarreta, di Lima, Peru, Jumat (22/12/2017).

Kuczynski pun menyambut baik hasil voting parlemen itu dengan menyatakan hari ini sebagai lembar baru rekonsiliasi di negaranya.

Dia bahkan menganggap mosi pemakzulannya itu sebagai bentuk “kudeta” dan “penyerangan” terhadap demokrasi.

“Warga Peru, besok akan dimulai lembar baru dalam sejarah kita untuk melakukan rekonsiliasi dan rekonstruksi di negara ini. Satu kekuatan, untuk satu Peru,” ucapnya melalui Twitter, seperti dikutip AFP.

x

Check Also

Setelah Tiga Bulan Diburu, Harimau Bonita Berhasil Ditangkap

Setelah Tiga Bulan Diburu, Harimau Bonita Berhasil Ditangkap

Pekanbaru – Setelah diburu selama tiga bulan lebih, harimau Bonita yang meresahkan warga Inhil, Riau, ...