Home > Ragam Berita > Nasional > KPU Medan Imbau Masyarakat Pantau Pilkada Lewat Sosmed

KPU Medan Imbau Masyarakat Pantau Pilkada Lewat Sosmed

Medan – Media sosial dapat menjadi wadah masyarakat untuk mengawasi dan menyampaikan berbagai kecurangan dalam penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah.

KPU Medan Imbau Masyarakat Pantau Pilkada Lewat Sosmed

Dalam sosialisasi pengawasan Pemilu yang digelar Panwaslu Kota Medan di Medan, Sabtu, mantan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Turunan Gulo mengatakan, untuk mendapatkan hasil pemilu dan pilkada yang berkualitas, masyarakat harus terlibat dalam mengawasi seluruh tahapan dan perkembangan di lapangan.

“Jangan hanya mengandalkan kualitas pilkada kepada KPU dan Bawaslu,” katanya pada Sabtu (23/12/2017).

Menurut Gulo, salah satu wadah yang dapat digunakan masyarakat dalam mengawasi pemilu dan pilkada adalah dengan menggunakan media sosial (medsos) dengan terlibat dalam menyampaikan informasi yang selama ini sering disebutkan dengan civil jurnalisme.

Dengan medsos, masyarakat dapat menyampaikan berbagai informasi yang dibutuhkan, termasuk kecurangan, politik uang (money politic), atau penyalahgunaan wewenang dan fasilitas.

Baca juga: Kondisi Tol Jakarta-Cikampek Cukup Padat Selama Libur Natal

Ia mencontohkan adanya pejabat yang menggunakan fasilitas negara atau mobil dinas, atau pemaksaan terhadap masyarakat untuk memilih calon tertentu.

Masyarakat tidak perlu khawatir dianggap melakukan kampanye negatif (negative campaign) jika memiliki bukti dan data. “Yang tidak boleh itu kampanye hitam (black campaign) yang tidak didasari dan dan bukti,” katanya.

Selaku mantan penyelenggara pemilu dan pilkada, Turunan Gulo menyatakan, hampir tidak ada jaminan kalau penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut bebas dari kecurangan dan penyalahgunaan wewenang. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Habib Novel Tolak Pencalonan Djarot di Pilkada Sumut

Habib Novel Tolak Pencalonan Djarot di Pilkada Sumut

Jakarta – Kabar mengenai Djarot Saiful Yusuf yang akan maju di Pilkada Sumut ternyata langsung ...