Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Diprediksi Bakal Diserang Isu-Isu Umat Di Pilpres 2019 Mendatang

Jokowi Diprediksi Bakal Diserang Isu-Isu Umat Di Pilpres 2019 Mendatang

Jakarta – Isu-isu kebangsaan dan kenegaraan telah diprediksi akan bergeser menjadi isu-isu umat pada pemilu presiden 2019 mendatang. Hal tersebut sebagaimana yang diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago.

Jokowi Diprediksi Bakal Diserang Isu-Isu Umat Di Pilpres 2019 Mendatang

Pangi melanjutkan bahwa Isu-isu umat tersebut, bakal menyerang Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai calon inkumben. Jokowi, yang selama ini dianggap sebagai tokoh nasionalis-sekuler, dinilai lawan politiknya memiliki jarak dengan agama dalam kehidupan berbangsa.

“Walaupun belakangan Jokowi kerap merangkul ulama dan datang ke pengajian, namun kesan Jokowi yang dianggap jauh dari agama itu belum akan hilang,” kata Pangi Syarwi saat dihubungi pada Ahad, (24/12/2017).

Hal tersebut, tutur Pangi, membuat calon wakil presiden yang digandeng Jokowi sangat menentukan. Jokowi diprediksi akan memilih calon wakil presiden dari luar Jawa dan memiliki ceruk pemilih berbeda.

“Kalau Jokowi nasionalis sekuler, maka wakilnya harus nasionalis religius,” kata Pangi.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Mendag Menegaskan Kebijakan Impor Beras Tak Akan Merugikan Petani

Mendag Menegaskan Kebijakan Impor Beras Tak Akan Merugikan Petani

Jakarta – Mengenai kebijakan import beras, kali ini Enggartiasto Lukita selaku Menteri Perdaganggan akhirnya memutuskan ...