Home > Ragam Berita > Ekonomi > KA Bandara Soekarno-Hatta Soft Launching Hari Ini

KA Bandara Soekarno-Hatta Soft Launching Hari Ini

Jakarta – Setelah menjalani beberapa ujicoba, Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta akan melaksanakan softlaunching pada hari ini, Selasa (26/12/2017).

KA Bandara Soekarno-Hatta Soft Launching Hari Ini

Ujicoba terakhir dilakukan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri, yang akan didampingi oleh Sesditjen Perkeretaapian, perwakilan Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, PT. Railink, Balai Teknik Perkeretaapian Jakarta dan Banten, serta seluruh tim penguji dari Balai Pengujian Perkeretaapian.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menginstruksikan agar KA bandara dapat segera dioperasikan. Setelah melalui beberapat rapat koordinasi, disepakati bahwa KA Bandara Soekarno Hatta akan beroperasi secara penuh pada tanggal 2 Januari 2018.

“Ini uji coba final. Kita pastikan semua sarana, prasarana dan SDMnya siap, dapat diandalkan” ujar Zulfikri di Jakarta, Senin (25/12/2017).

“Beberapa waktu lalu juga sudah dilakukan pengujian terhadap sarana, prasarana berikut fasilitas operasinya dan juga terhadap SDMnya. Sebagian besar sertifikat hasil uji sudah diterbitkan, sisanya akan diselesaikan sebelum dioperasikan secara penuh,” papar Zulfikri.

KA Bandara telah menjalani serangkaian ujicoba tanpa membawa penumpang sejak awal Desember 2017 lalu. Lalu pada 24-25 Desember 2017, seluruh rekomendasi yang ditemukan selama beberapa ujicobatelah terpenuhi dan telah dioperasikan sebanyak 42 KA per harinya.

“Mulai tanggal 26 Desember 2017, PT. Railink akan melakukan soft launching dengan tarif promo Rp.30.000,- per penumpang,” jelas Zulfikri.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Habibie Minta Rakyat Indonesia Memilih Presiden Yang Mampu dan Memberikan Kerja Nyata

Habibie Minta Rakyat Indonesia Memilih Presiden Yang Mampu dan Memberikan Kerja Nyata

Jakarta – Mantan Presiden RI, BJ Habibie menghimbau agar rakyat Indonesia memilih Presiden yang dekat ...