Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Meniup Terompet Beresiko Tertular Difteri Bertebaran di Medsos

Meniup Terompet Beresiko Tertular Difteri Bertebaran di Medsos

Jakarta – Di akhir tahun kali ini, media sosial kembali mengungkapkan perihal terompet berpotensi menularkan penyakit difteri.

Meniup Terompet Beresiko Tertular Difteri Bertebaran di Medsos

Dalam beberapa postingan yang viral mengatakan bahwa penyakit difteri ini bisa tersebar melalui percikan ludah dan hembusan nafas yang keluar ketika seseorang meniupkan terompet, yang tidak bisa dipastikan bebas dari penularan penyakit difteri.

Saat membeli terompet kita tak tahu terompet tersebut sudah ditiup oleh beberapa orang.

Kali ini yang cukup menarik perhatian ialah akun Youtube Mice Cartoon Indonesia yang pada Juni 2017 lalu pernah mengunggah video yang menceritakan perjalan terompet tahun baru.

Video dengan judul Animasi Mice Cartoon: Kisah Perjalanan Terompet Tahun Baru itu menjelaskan awal pembuatan terompet. Setelah selesai dibuat dan diberi hiasan, terompet dipasang peluit yang terbuat dari bambu.

Setelah itu, pembuat terompet akan mencoba membunyikan terlebih dahulu. Setelah itu penjual dan calon pembeli pun ikut mencoba membunyikan terompet tersebut, sebelum akhirnya terjual dan dipakai.

Seperti yang diketahui, difteri adalah penyakit infeksi akibat bakteri Corynebacterium yang dampak buruknya bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, belakangan tengah digalakkan imunisasi untuk mencegah penyakit difteri.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Beberapa Penyakit yang Kerap Diderita Balita

Inilah Beberapa Penyakit yang Kerap Diderita Balita

Jakarta – Setelah melewati periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan (HPK), balita sangat rentan ...