Home > Unik > “Rumah Kata” Dari Anak Punk Untuk Masyarakat Indonesia

“Rumah Kata” Dari Anak Punk Untuk Masyarakat Indonesia

Jakarta – “Rumah Kata”, itulah sebuah nama perpustakaan yang berada di Jogja yang didirikan Tomy bersama dengan teman-teman punknya. Seorang pemuda bernama Tomi Wibisono memiliki semangat lain dalam mengaktualisasikan aksi kolektif punk.

"Rumah Kata" Dari Anak Punk Untuk Masyarakat Indonesia

“Rumah Kata” Dari Anak Punk Untuk Masyarakat Indonesia

Tomi bercerita, Perpustakaan Rumah Kata dibuat menjadi ruang dan wadah teman-temannya di majalah Warning untuk mengaktualisasikan diri. Rumah kata kemudian menjadi bagian integral Warning sebagai perpustakaan kolektif yang didanai dan digunakan secara bersama-sama.

“Namanya Perpustakaan Rumah Kata. Itu perpustakaan kolektif yang terbentuk sejak tahun 2013. Tidak lama atau beriringan berapa bulan setelah Warning berdiri,” kata Tomi.

“Dari situ kami sering bikin pengajian buku. Pengajian buku itu membahas buku yang sama, ya kayak mengaji gitu lah, kami baca bergantian, setelah itu dibahas bareng-bareng. Itu salah satu kegiatannya,” katanya.

Baca juga : Penampakan Diduga Makhluk Halus Terekam Kamera Driver Ojek Online

Pada awal berdirinya di tahun 2016, Rumah Kata hanya memiliki 500 koleksi buku. Dan diusianya yang setahun ini koleksi buku termasuk majalah dan lain-lain yang ada di rumah kata sudah mencapai sekitar 4000-an.

Meski demikian, Rumah Kata belum tersosialisasi sepenuhnya di lingkungan sekitar. Berdiri di sebuah kontrakan yang berada di permukiman, Rumah Kata masih belum banyak dikunjungi masyarakat sekitar. Tomi berharap, Rumah Kata semakin berkembang dengan banyaknya donasi buku untuk menambah koleksi, termasuk dari para penerbit besar.

x

Check Also

Video, Warga Tangerang Temukan Ular Piton Berukuran Besar Sepanjang 8 Meter

Video, Warga Tangerang Temukan Ular Piton Berukuran Besar Sepanjang 8 Meter

Jakarta – Baru-baru ini, warga tengah dihebohkan dengan penemuan seekor ular yang berukuran sangat besar ...