Brackley – Bos Mercedes, Toto Wolff, menegaskan Valtteri Bottas, perlu bersaing sengit untuk memperebutkan gelar juara Formula One (F1) musim 2018. Hal tersebut wajib dilakukan pembalap berkebangsaan Finlandia tersebut jika ingin terus bertahan bersama tim.

Wolff Yakin Bottas Bisa Meraih Juara F1 di Musim Mendatang

Musim 2017 merupakan debut Bottas bersama Mercedes, usai menggantikan tempat yang ditinggalkan Nico Rosberg pada akhir musim 2016. Terbukti Bottas mampu finis di urutan ketiga dalam papan klasemen pembalap dan berhasil mengkliam tiga kemenangan.

Grand Prix (GP) Rusia, Austria dan Abu Dhabi menjadi saksi kunci ketajaman Bottas sepanjang musim 2017. Meski demikian, Bottas mengaku masih kecewa dengan hasil yang diperolehnya saat ini, pasalnya ia hanya mampu menyelesaikan balapan dengan selisih 60 poin dari rekan setimnya, Lewis Hamilton.

Bottas mengalami sedikit penurunan performa setelah liburan musim panas. Kejadian makin buryk setelah Hamilton bangkit kembali dengan memenangkan lima seri dari sembilan balapan terakhir di musim 2017.

“Yang harus Bottas lakukan saat ini adalah menantang gelar. Kami telah melihat beberapa hal menarik di Sochi dan di Austria. Kemudian setelah musim panas, Hamilton kembali ke atas lintasan dengan sangat kuat sementara Bottas malah mengalami kemunduran,” terang Wolff sebagaimana diberitakan Espn pada Jumat (5/1/2018).

“Bottas kembali pulih pada akhir musim dan dia merupakan seorang pembalap dengan mentalitas tidak mudah menyerah. Saya berharap ia bisa kembali kuat dengan semua yang ia pelajari sepanjang musim. Ia merupakan salah satu pembalap terbaik di zaman ini,” lanjutnya.