Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Hati-Hati, Kerusakan DNA Bisa Dipicu Alkohol

Hati-Hati, Kerusakan DNA Bisa Dipicu Alkohol

Jakarta – Minum alkohol terlalu banyak seringkali dikaitkan dengan kesehatan yang buruk. Baru-baru ini sebuah penelitian malah mengungkapkan alkohol dapat menyebabkan kanker. Alasannya karena minuman tersebut dapat merusak sel induk DNA secara permanen. Kerusakan itu kemudian menyebabkan pembentukan tumor yang berpotensi menjadi kanker.

Hati-Hati, Kerusakan DNA Bisa Dipicu Alkohol

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di laboratorium biologi molekuler Cambridge University melakukan percobaan pada sekelompok tikus untuk melihat efek asetaldehida yaitu zat kimia beracun pada struktur seluler. Tikus kemudian diberikan etanol untuk dianalisis kromosom dan sekuensing DNA-nya. Dari hasil analisis, ilmuwan menemukan tingkat kerusakan genetik yang disebabkan oleh etanol.

Kandungan zat kimia ternyata menimbulkan mutasi permanen pada sekuens DNA yang dapat menyebabkan berbagai bentuk kanker. Menurut penulis utama penelitian, Ketan Patel, beberapa jenis kanker berkembang karena adanya kerusakan DNA pada sel punca. Kerusakan DNA memang bisa terjadi secara kebetulan. Akan tetapi konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko tersebut.

Selain meneliti efek zat kimia, para ilmuwan juga melihat cara tubuh melakukan pertahanan terhadap alkohol. Tubuh memiliki enzim yang dikenal sebagai aldehyde dehydrogenase (ALDH) untuk memecah aldehida. Namun sayangnya, jutaan orang di seluruh dunia ternyata kekurangan enzim kunci ini atau memiliki zat yang salah. Dengan tidak adanya enzim tersebut, maka kemungkinan risiko kerusakan DNA meningkat hingga empat kali lipat.

“Studi kami menyoroti bahwa tubuh yang tidak dapat mengolah alkohol secara efektif dapat menyebabkan risiko kerusakan DNA yang lebih tinggi. Kondisi ini terjadi pada jenis kanker tertentu,” jelas Ketan sebagaimana diberitakan Mirror pada Minggu (7/1/2018).

Ketan juga mengingatkan alkohol dapat menyebabkan kanker dengan cara yang berbeda, bahkan pada orang-orang yang mekanisme pertahanannya sempurna sekalipun. “Alkohol bukan hanya berpengaruh pada sistem pembersihan di dalam tubuh dan sistem perbaikan DNA,” tambah Ketan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Albothyl Dilarang Digunakan, Ini Tanggapan PT Pharos

Albothyl Dilarang Digunakan, Ini Tanggapan PT Pharos

Jakarta – PT Pharos sebagai perusahaan yang memproduksi Albothyl saat ini masih mendalami pernyataan Badan ...