Home > Gaya Hidup > Tips > Olahraga Wajah Ini Dipercaya Bisa Bikin Awet Muda

Olahraga Wajah Ini Dipercaya Bisa Bikin Awet Muda

Jakarta – Yoga wajah mungkin terdengar asing, namun, riset terbaru menemukan bahwa ‘olahraga’ wajah ini mampu membuat wanita nampak 3 tahun lebih muda.

Olahraga Wajah Ini Dipercaya Bisa Bikin Awet Muda

Yoga wajah alias facial yoga memang dirancang untuk meningkatkan ukuran otot yang membuat kulit wajah lebih kencang, mengurangi keriput dan tentunya tampak awet muda.

Meskipun banyak yang tidak mempercayai hal ini, namun riset terbaru telah membuktikan bahwa rutinitas latihan wajah setiap hari benar-benar dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada wanita paruh baya.

Eksperimen yang dilakukan oleh para periset dari Northwestern University, Chicago, menemukan fakta bahwa dengan memulai program latihan wajah secara rutin dengan durasi 30 menit selama 20 minggu, para peserta terlihat 3 tahun lebih muda dari usia aslinya.

Eksperimen ini melibatkan 27 wanita dengan usia antara 40-65 tahun. Para wanita tersebut melakukan 32 gerakan olahraga wajah berbeda dengan durasi masing-masing sekitar 1 menit selama percobaan berlangsung.

Gerakan lain melibatkan senyum tanpa menunjukkan gigi. Kemudian, para ahli diminta untuk memperkirakan usia semua peserta sebelum dan sesudah penelitian. Hasilnya, para ahli yang memperkirakan wanita dengan usia 50 tahun sebelum penelitian berubah menjadi 48 tahun usai penelitian.

“Dengan asumsi temuan dikonfirmasi dalam penelitian yang lebih besar, orang-orang sekarang memiliki cara yang murah dan aman agar terlihat lebih muda daripada menggunakan kosmetik atau perawatan anti-penuaan lainnya,” papar pemimpin riset Dr Murad Alam, seorang profesor dermatologi. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wow, Ternyata Teh Dapat Mengatasi Insomnia

Wow, Ternyata Teh Dapat Mengatasi Insomnia

Jakarta – Kesulitan tidur pada malam hari dapat menyebabkan kualitas pekerjaan yang Anda lakukan keesokan ...