Home > Gaya Hidup > Hasil Penelitian : Wanita Yang Sering Begadang Lebih Beresiko Terkena Kanker

Hasil Penelitian : Wanita Yang Sering Begadang Lebih Beresiko Terkena Kanker

Jakarta – Bila Anda wanita, dan sering bekerja atau melakukan kegiatan hingga larut malam, sebaiknya mulai menguranginya, karena memiliki efek yang buruk bagi kesehatan.

Hasil Penelitian : Wanita Yang Sering Begadang Lebih Beresiko Terkena Kanker

Menurut hasil penelitian terbaru di Tiongkok mengungkapkan, wanita yang bekerja pada shift malam beresiko 19 persen lebih besar terkena kanker bila dibandingkan dengan wanit yang tidak bekerja pada malam hari.

Dalam studi yang telah dipublikasikan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention ini juga mencatat, wanita yang bekerja pada malam hari berisiko terkena kanker kulit 41 persen lebih tinggi, kanker payudara 32 persen lebih tinggi, kanker sistem pencernaan 18 persen lebih tinggi, dan kanker payudara 58 persen lebih tinggi, dibandingkan dengan mereka yang tidak bekerja pada malam hari.

Menurut peneliti senior dari Sichuan University, Xuelei Ma, wanita yang bekerja shift malam selama lima tahun memiliki risiko terkena kanker payudara naik 3,3 persen.

Namun demikian, penelitian ini tidak mewakili faktor-faktor lain yang berkaitan dengan risiko kanker seperti diet, aktivitas fisik dan kebiasaan tidur.

Seperti diketahui, wanita yang bekerja shift malam menjadi fenomena sosial yang baru-baru ini muncul dan populer di Tiongkok.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Kenali Gejala Awal Kanker Payudara

Kenali Gejala Awal Kanker Payudara

Jakarta – Salah satu momok paling menakutkan bagi wanita di seluruh dunia adalah penyakit kanker ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135