Jakarta – LBH GP Ansor akhirnya memberikan tanggapan usai mendengarkan permasalahan erihal tema Stand Up Comedy Ge Pamungkas dan Joshua Suherman. Mereka menganggap tak ada unsur pelecehan agama dalam materi tersebut.

Dipolisikan, Pengacara : "Joshua Hanya Sampaikan Kritik Sosial"

Achmad Budi Prayoga selaku Kuasa hukum mengatakan bahwa “Dan menurut kami, materi komik mereka sama sekali tidak menyinggung masalah agama. Sama sekali nggak ada. Bahkan menurut kami itu bagian kreativitas anak muda,”

“Joshua Suherman dan Ge Pamungkas sendiri mereka ingin menyampaikan akhir-akhir ini keadaan bangsa ini selera humornya semakin rendah. Akhir-akhir ini kok orang-orang begitu sekali, sulit tertawa, makanya mereka di Majelis Lucu Indonesia, mereka membuat komik yang bermuatan kritik-kritik sosial. Bukan kritik agama, tapi kritik sosial,” lanjutnya.

“Kritiknya dalam candaan gitu. Ya itu wajar aja, itu pandangan mereka gitu, pandangan mereka sebagai generasi muda,” lanjut Achmad Budi Prayoga.

Dirinya pun mengungkapkan rasa kekecewaan terkait pelaporan tersebut, karena akibat lawakannya yang dianggap melecehkan agama, mantan artis cilik itu dilaporkan oleh Forum Umat Islam Bersatu ke Bareskrim Polri.

Joshua dilaporkan dengan dugaan pelanggaran Pasal 27 ayat 3 UU ITE dan Pasal 28 ayat (2) UU ITE.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)