Forlimpopoli – Pembalap Tim Ducati, Andrea Dovizioso, mengungkapkan faktor keskusesannya di kompetisi MotoGP 2017. Satu hal yang membuatnya nyaris memperoleh gelar juara di kompetisi musim lalu adalah mental.

Andrea Dovizioso Beberkan Faktor Keberhasilan di MotoGP 2017

Menurutnya segala kemampuannya pada musim lalu tak lepas dari penganturan mental yang begitu ia fokuskan. Pasalnya kunci utama dari segala sesuatunya adalah mental. Bagaimana tidak, tak diunggulkan sejak awal musim MotoGP, tetapi pada pertengahan musim, Dovizioso mulai menjadi ancaman.

Bukan hanya sekedar ancaman kecil, tapi The Little Dragon –julukan Dovizioso– mampu memberikan persaingan ketat kepada Marc Marquez yang keluar sebagai juara MotoGP 2017. Bahkan persaingan keduanya harus diakhiri hingga seri terakhir yang berlangsung di Sirkuit Valencia, Spanyol.

“Semua orang bekerja di tubuh mereka, tapi kepalamu memiliki pengaruh yang jauh lebih besar. Mental bisa bekerja di lebih banyak area daripada tubuh Anda. Banyak yang tidak mau menginvestasikan waktu untuk mengerjakannya karena itu hal yang aneh. Tidak terlalu lucu, tapi ada banyak ruang perbaikan di sana,” ungkap Dovizioso sebagaimana diberitakan Speedweek pada Kamis (11/1/2018).

“Saya menemukan sesuatu yang sangat menarik dan itu berhasil. Itulah salah satu alasan mengapa kami begitu kompetitif di 2017. Jika Anda melakukan semuanya dengan cara yang positif, itu bisa berdampak besar baik untuk kehidupan dan olahraga,” tambahnya.

“Ini tentang apa yang Anda pikirkan sebelum Anda mengatasi sesuatu. Banyak atlet yang sudah mengantisipasi hal buruk atau melihat batasnya. Tapi pikiran ini adalah batasnya. Ini adalah hal-hal kecil, tapi bisa berpengaruh besar,” lanjutnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)