Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Terus Telusuri Dugaan Drama Kecelakaan Setya Novanto

KPK Terus Telusuri Dugaan Drama Kecelakaan Setya Novanto

Jakarta – Drama pelarian Setya Novanto sepertinya belum berakhir, kali ini Komisi Pemberantasan Korupsi memburu semua “aktor” yang diduga terlibat dalam kasus tersebut.

KPK Terus Telusuri Dugaan Drama Kecelakaan Setya Novanto

Saat ditemui Kamis kemarin, dirinya mengungkapkan bahwa “Kami harus pastikan bagaimana peristiwanya, bagaimana proses SN kemudian bisa dibawa ke rumah sakit,”

“Kami sudah mengumpulkan bukti yang cukup bahwa memang ada dugaan kerja sama untuk menghalang-halangi penanganan perkara ini (e-KTP),” ujarnya.

Skenario pelarian Setya diduga telah disiapkan sejak penyidik berupaya menjemput paksa mantan Ketua DPR itu pada 15 November tahun lalu. Setya, yang dikabarkan telah pulang dari kantornya di DPR, tak ditemukan penyidik KPK di rumahnya. Kuasa hukumnya, Fredrich Yunadi, mengaku tak tahu di mana keberadaan kliennya hingga KPK menetapkan Setya sebagai buron.

Keesokan harinya, tersangka korupsi yang merugikan negara Rp 2,3 triliun itu muncul dalam wawancara dengan salah satu stasiun televisi. Dalam wawancara yang dilakukan melalui telepon itu, Setya menyatakan bakal menyerahkan diri.

Dan Rabu kemarin, KPK resmi menetapkan Fredrich dan Dokter Bimanesh Sutarjo, yang merawat Setya, sebagai tersangka kasus dugaan merintangi penyidikan. Penyidik mensinyalir Fredrich telah memesan kamar perawatan very important person (VIP) sebelum kecelakaan terjadi. Adapun Bimanesh dituding memanipulasi data kesehatan Setya.

Hingga, Kamis, 11 Januari 2018, sudah ada 26 saksi yang diperiksa dalam penyidikan kasus Fredrich dan Bimanesh. Para saksi berasal dari unsur pegawai rumah sakit, perawat, manajemen dan direktur rumah sakit, serta anggota partai politik. Seorang dokter Rumah Sakit Medika, Michael Cia Cahaya, diperiksa sebagai saksi untuk Fredrich. Namun ia sama sekali tak berkomentar.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

KPK Lakukan Pemeriksaan Terhadap Soetikno Soedarjo

KPK Lakukan Pemeriksaan Terhadap Soetikno Soedarjo

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan pemeriksaan terhadap Direktur Utama Mugi Rekso Abadi (MRA), Soetikno ...